-->

Babinsa Koramil Singkohor Sosialisasi Bahaya Karhutla ke Warga

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL - Upaya dan langkah pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 06/Singkohor Kodim 0109/Aceh Singkil Sertu Rahayu Kurniawan melaksanakan sosialisasi dan himbauan kepada karyawan perkebunan kelapa sawit di Desa Lapahan Buaya, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (11/08/2022).

Dikatakan Babinsa Koramil 06/Singkohor Sertu Rahayu Kurniawan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal pencegahan pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta mengurangi resiko bencana Karhutla.

"Sering terjadi kebakaran hutan yang dominan terjadi akibat membuka lahan kebun dengan cara membakar dengan kegiatan ini saya memberikan arahan dan sosialisasi langsung kelapangan agar tidak sesekali membersihkan kebun dengan cara membakar dan menjelaskan potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan berikut upaya pencegahan dan pemadamannya," ucap Sertu Rahayu Kurniawan.

Sertu Rahayu Kurniawan juga memberikan solusi agar sampah kebun yang dibersihkan cukup dengan ditumpuk yang kelamaan akan membusuk dan bisa dijadikan pupuk organik untuk tanaman kebun nantinya.

"Membersihkan lahan dengan cara membakar dimusim kemarau jangan dilakukan karena rawan terjadi kebakaran akibat angin yang kencang, sampah kebun juga ada baiknya ditumpuk yang nantinya akan membusuk juga bisa dijadikan pupuk organik," pesan Babinsa.

Selain memberikan pemahaman tentang dampak buruk yang ditimbulkan akibat karhutla, Babinsa juga mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama peduli menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Apabila menemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan kepada Babinsa atau kepada petugas terkait yang ada di wilayah setempat, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam mengantisipasi dan cegah dini kebakaran hutan dan lahan di wilayah," tandas Babinsa.

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini