-->

Babinsa Dampingi Tim Vaksinasinator Vaksinasi Hewan Ternak di Srikayu

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 06/Singkohor, Kodim 0109/Aceh Singkil, Serda Gatot Suyatno mendampingi Tim vaksinator dari Dinas Peternakan dan Puskeswan Kabupaten Aceh Singkil, melaksanakan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak milik warga di Desa Srikayu, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (29/07/2022).

Vaksinasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sejumlah petugas Babinsa diturunkan untuk memantau proses vaksinasi hewan ternak miliik warga dari ancaman penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Aceh Singkil.

Babinsa Koramil 06/Singkohor Serda Gatot Suyatno mengatakan, vaksin yang disuntikan dapat mendukung peternakan dan hewan menjadi sehat.

"Terpenting dapat meminimalisir terpapar penyakit PMK. Sebab, beberapa kejadian yang dialami kawan peternak lain. Beberapa hewan ternaknya terpapar PMK dan ada yang sampai mati," kata Serda Gatot Suyatno.

Serda Gatot Suyatno menghimbau kepada seluruh warga maupun peternak untuk lebih fokus memperhatikan kebersihan kandang.

"Petugas juga memberikan himbauan kepada warga atau peternak agar senantiasa rutin menjaga kebersihan lingkungan, sarana prasarana kandang ternak. Harapannya, dengan terjaganya kebersihan lingkungan kandang ternak tersebut hewan ternak dapat terhindar dari sebaran virus PMK," imbuh Babinsa.

Babinsa juga berharap agar warga segera melaporkan kepada petugas jika didapati adanya gangguan kesehatan pada hewan ternaknya.

"Yang penting kami minta masyarakat segera melapor kepada petugas bila pada hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK. Seperti, mulut keluar lendir atau busa, lepuh di bawah hidung dan luka pada bagian kuku," pungkasnya.

Sumber: Singkilterkini.net
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini