-->

Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi Ikuti Lounching Bios di Lahan Porang

REDAKSI


CIAMIS - Komandan Kodim (Dandim) 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengikuti video conference Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, S.I.P., di lokasi Pertanian Porang di Dusun Pasiramis Rt.03 Rw.01, Desa Sukanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Vicon tersebut dilaksanakan Pangdam III/Siliwangi bersama seluruh jajaran Korem dan Kodim di wilayah teritorial Kodam III/Siliwangi. 

Dimana vicon ini sekaligus untuk melaunching Bios 44 untuk dipakai pada sektor pertanian sebagai pupuk.




Dalam Vicon tersebut Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, S.I.P., menyampaikan pihaknya terus melakukan pendampingan berkaitan dengan kebijakan pemerintah yaitu peningkatan dan pemulihan perekonomian dampak Covid-19.

"Kami memiliki teknologi dalm rangka mengurangi beban-beban yang ada di wilayah. Paling tidak untuk penyelesaian masalah di wilayah. Dimana teknologi Bios ini bisa memiliki nilai lebih dan efisiensi bagi peningkatan hasil produksi," kata Pangdam kepada seluruh jajaran di Kodam III/Siliwangi secara virtual.

Sementara itu, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, pemanfaatan Bios di Kodim 0613/Ciamis sudah diterapkan pada beberapa sektor, seperti pertanian, perikanan dan terbaru tentang tanaman Porang. 

Bios ini, sambungnya, dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian, perikanan dan peningkatan unsur hara tanah. 

"Untuk di wilayah Kodim 0613/Ciamis kita sudah bekerjasama dengan PT. Hajima dan berkonsultasi dengan Dinas Pertanian tentunya kita akan mengembangkan Bios ini dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian. Sehingga tentunya dengan meningkatnya produksi hasil pertanian akan berdampak untuk masyarakat dan warga sekitar," kata Dandim seusai vicon bersama Pangdam III/Siliwangi di Lokasi Pertanian Tanaman Porang Desa Sukanagara.

Dandim mengungkapkan Porang ini merupakan primadona baru yang terkenal karena menghasilkan turunan produk bermanfaat. Salah satunya, kata Dandim untuk kebutuhan bahan kosmetik.

Pengembangan Bios, menurut Dandim, tidak akan berhasil hanya mengandalkan satu pihak saja, sehingga diperlukan bersinergi dengan berbagai pihak. Seperti dinas pertanian dan peternakan, instansi terkait, masyarakat hingga petani.

"Kami terus bersinergi dan berkonsultasi meminta masukan dalam pengembangan Bios 44 sehingga dapat bermanfaat bagi peningkatan produk pertanian maupun peternakan di wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis," tandasnya. (Red)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini