-->

Danramil Gunung Meriah Sosialisasi Radikalisme dan Wawasan Kebangsaan ke Siswa SMA

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL – Danramil 03/Gunung Meriah Kapten Inf Irwansyah memberikan pembekalan Sosialisasi Radikalisme dan Wawasan Kebangsaan kepada s siswa SMA Persiapan Negeri 3 Gunung Meriah dalam rangka antisipasi ancaman masa depan bagi generasi muda.

Sosialisasi berlangsung di SMA Persiapan Negeri 3 Gunung Meriah, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (16/02/2022).

Maksud dan tujuan diberikannya wawasan kebangsaan tersebut adalah agar siswa-siswi mengetahui tentang keadaan bangsa saat ini. Diharapkan, para siswa siswi sebagai generasi muda, dapat mempersiapkan diri untuk menjaga keutuhan NKRI.

Kapten Inf Irwansyah mengatakan, Tanggung jawab bela negara, katanya, tidak hanya dipikul pemerintah, TNI dan Polri, namun juga menjadi tanggung jawab masyarakat, termasuk peran serta kalangan pelajar dengan menjauhi Narkoba sebagai penyebab kehancuran moral, termasuk di dalamnya minuman keras.

"Kalian punya cita-cita. Itu harus benar-benar bisa diupayakan dengan menimba ilmu setinggi mungkin, tetapi jangan lakukan kegiatan yang bisa merusak diri, seperti narkoba," tegasnya.

Dia juga mengatakan, kondisi wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan dan ini harus menjadi perhatian kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini, Apalagi dihadapkan dengan era globalisasi saat ini semakin banyaknya ancaman multi dimensi yang tidak kelihatan serta berkembangnya kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah di wilayah NKRI.

Oleh karena itu kepada generasi muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan dan ditanamkan kembali tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara sejak dini. Hal ini penting mengingat generasi mudalah yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia.

Di akhir penjelasannya orang nomor satu di Koramil 03/Gunung Meriah mengajak kepada siswa dan siswi untuk memiliki wawasan yang luas dan rajin dalam belajar, raih pendidikan setinggi mungkin agar dapat memberikan yang terbaik kepada Bangsa dan Negara, paling tidak dapat mengisi Kemerdekaan RI.

"Antusias para siswa-siswi sangat tinggi dalam mengikuti wawasan kebangsaan tersebut, hal itu dapat terlihat dimana setelah kami persilahkan untuk bertanya mereka saling silih berganti mengajukan pertanyaan," ujarnya

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke," sambungnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMA Persiapan Negeri 3 Gunung Meriah, Hamizar, AR. SPd mengucapkan terima kasih banyak kepada Komandan Koramil 03/Gunung Meriah yang telah membantu pihak sekolah dalam mencerdaskan siswa-siswi dalam hal ini memebrikan materi wawasan kebangsaan dan berharap agar kegiatan seperti ini kedepannya dapat terus dilakukan.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini