Pak Kapolri, Penyidik Bareskrim Diduga Berupaya Hilangkan Barang Bukti Tindak Kejahatan

Jakarta – Apakah Anda masih ingat oknum penyidik Bareskrim Mabes Polri yang memeras dan memalak anggota PPWI, Leo Handoko, dan kawan-kawan, ...

Jakarta – Apakah Anda masih ingat oknum penyidik Bareskrim Mabes Polri yang memeras dan memalak anggota PPWI, Leo Handoko, dan kawan-kawan, atas nama AKBP Dr. Binsan Simorangkir, SH, MH? Hasil dari tindak pidana pemerasan itu adalah berupa bangunan ruko 3 pintu senilai total kira-kira 200 juta rupiah yang terletak di Kampung Rawa Ragas RT.12 RW.06 Desa Bojong, Kecamatan Klapa Nunggal, Cileungsi – Citeurep, Kabupaten Bogor, Jawa Barat [1].

Akibat perbuatan sang oknum penyidik di Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri itu, yang bersangkutan akhirnya dicopot dari jabatannya sebagai penyidik di direktorat tersebut [2]. 

Pada perkembangan terakhir, Biro Pertanggungjawaban Profesi (Birowaprof) Divpropam Mabes Polri juga sudah menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang dilayangkan Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dengan melakukan proses penyelidikan atas kasus dugaan pelanggaran disiplin dan penyalahgunaan kewenangan oknum Binsan Simorangkir yang memperburuk citra institusi Polri itu [3].

Sementara proses penyelidikan oleh Birowaprof berlangsung, ternyata sang oknum tidak tinggal diam. Dia diduga menugaskan orang-orang untuk membongkar bangunan ruko 3 pintu yang menjadi barang bukti kejahatan hasil dari memeras pengusaha batu bata ringan (hebel) di Jawilan, Cikande, Serang, Banten.

Bangunan ruko tiga pintu itupun saat ini telah rata dengan tanah. Bahan bangunan bekas bongkaranpun telah lenyap dari lokasi. Walau demikian, bekas tapak bangunan masih dapat dilihat jelas serta sederetan puing bangunan masih tersisa di tempat ruko bercat putih dan biru itu.

"Saya awalnya melihat orang membongkar bangunan ruko itu. Saya dekati, namanya Yuli dari Bekasi, bersama beberapa temannya, dan bertanya kenapa dibongkar? Dia bilang mau bangun apa gitu, saya gak tahu juga," ujar Haji Kurnia alias Haji Dian kepada redaksi media ini, Selasa, 30 Maret 2021, saat dimintai informasi terkait hilangnya bangunan di pinggir jalan di tengah persawahan tersebut.

Haji Dian kemudian menjelaskan bahwa dirinya juga ikut membantu membongkar bangunan itu atas pemintaan bantuan dengan diberi imbalan oleh Yuli. 

"Saya juga ikut bantu bongkar bangunan itu, karena kasihan melihat mereka yang bongkar sudah capek dan saya diberi imbalan," tambah ayah 4 anak yang tinggal tidak jauh dari lokasi bangunan tersebut.

Saat ditanyakan kemana bahan bangunan hasil bongkaran, Haji Dian mengungkapkan bahwa sebagian diambilnya. "Sebagian saya ambil dan dijual, besinya di-kiloin," kata Haji Dian polos.

Upaya menghambat penyelidikan dan penyidikan dengan berusaha menghilangkan barang bukti bangunan ruko hasil kejahatan juga dibarengi dengan menghalang-halangi pihak PPWI membantu akreditor (penyidik – red) Birowaprof melengkapi dokumen yang diperlukan akreditor yang menyelidiki kasus ini. 

Di saat anggota PPWI atas nama Hendra Agus Susanto mendatangi kediaman Samin, sipemborong bangunan ruko 3 pintu itu, Hendra dicegat dan dihambat oleh oknum yang diduga suruhan penyidik bermasalah Binsan Simorangkir, bernama Karianton Tampubolon [4].

Sebagaimana diketahui bahwa pada hari Jumat, 26 Maret 2021, Samin telah hadir ke Birowaprof Divpropam Mabes Polri dan di-BAP oleh akreditor Brigpol Natasya dan Brigpol Jhoni. Usai pemeriksaan saksi Samin, kedua akreditor itu meminta agar Samin dapat menyerahkan print-out rekening koran istrinya, U'um. 

Rekening U'um itulah yang digunakan untuk menampung dana transferan biaya pembangunan ruko tiga pintu yang diminta oleh oknum penyidik Binsan Simorangkir. Samin menyanggupi, dan akan diserahkan pada hari Senin depannya, yakni tanggal 29 Maret 2021.

Untuk melancarkan proses penyelidikan atas kasus ini, maka akreditor Birowaprof meminta bantuan PPWI untuk mengambil print-out rekening koran istri Samin di kediamannya di Kampung Rawa Ragas RT.12 RW.06 Desa Bojong, Kecamatan Klapa Nunggal, Cileungsi – Citeurep, Kabupaten Bogor. 

Dalam pelaksanaan penyelidikan, PPWI selama ini bekerjasama erat dengan Birowaprof untuk menghadirkan saksi-saksi, melengkapi data-data dan informasi yang terkait dengan dugaan kejahatan oknum penyidik Binsan Simorangkir. 

Terkait dengan data print-out rekening koran istri Samin, Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, menugaskan Pengurus PPWI Jakarta Selatan, Hendra Agus Susanto, untuk membantu menjemput dokumen terakhir yang dibutuhkan, yakni print-out rekening koran istri Samin di kediamannya pada Senin, 29 Maret 2021.

Rupanya, Samin diduga telah diintimidasi oleh oknum Karianton Tampubolon itu, dan oknum ini mendatangi Hendra, berdebat, dan terkesan melecehkan, yang pada intinya adalah melarang PPWI membantu polisi melaksanakan tugasnya. 

Melihat gelagat yang kurang kondusif itu, Hendra akhirnya diminta oleh Ketum PPWI agar tidak meladeni oknum yang dinilai bermental preman ini, dan segera balik kanan, kembali ke Jakarta.

Peristiwa penghalangan untuk mendapatkan dokumen print-out rekening koran U'um yang akan dijadikan sebagai salah satu alat bukti kejahatan oknum penyidik Binsan Simorangkir itu telah dilaporkan ke Birowaprof Divpropam Mabes Polri yang menangani kasus ini. 

"Kita tindaklanjuti, itu sangat kami perlukan," ujar Kombespol Dr (Cand) Dominicus S Yempormase, Kepala Birowabprof.

Tidak hanya itu, peristiwa pembongkaran bangunan ruko tiga pintu hasil kejahatan itupun sudah dilaporkan kepada para akreditor Birowaprof. Laporan juga disertai dengan foto-foto dan video kondisi terkahir per hari Rabu, 31 Maret 2021, lokasi bangunan yang sudah dirobohkan.

Menanggapi hal tersebut, Lalengke geleng-geleng kepala sambil mengatakan, pendidikan tinggi dan pengetahuan yang mumpuni tentang hukum dan perundangan tidaklah menjadi jaminan seorang polisi dapat bersikap dan berperilaku sebagaimana titel dan pengetahuan yang disandangnya. 

"Saya sangat menyayangkan yaa. Semestinya pendidikan dan pengetahuan tentang hukum berkorelasi kuat dengan sikap dan tingkah laku seorang polisi. Menghilangkan barang bukti merupakan tindak pidana, melanggar pasal 233 KHUPid, mengapa mesti dilakukan meskipun tahu itu melanggar hukum?" kata alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu masgul. (APL/Red)

Catatan:

[1] Pak Kapolri, AKBP Binsan Simorangkir Palak Warga, Ini Hasilnya; https://pewarta-indonesia.com/2020/11/pak-kapolri-akbp-binsan-simorangkir-palak-warga-ini-hasilnya/ 

[2] PPWI Bertemu Pejabat Bareskrim, Wadirtipideksus: Binsan Simorangkir Akan Ditindak Tegas; https://pewarta-indonesia.com/2020/12/ppwi-bertemu-pejabat-bareskrim-wadirtipideksus-binsan-simorangkir-akan-ditindak-tegas/ 

[3] Akibat Peras Anggota PPWI, Oknum Penyidik Bareskrim Polri Bakal Jalani Sidang Kode Etik; https://pewarta-indonesia.com/2021/02/akibat-peras-anggota-ppwi-oknum-penyidik-bareskrim-polri-bakal-jalani-sidang-kode-etik/ 

[4] OKNUM PENYIDIK BARESKRIM DIDUGA HILANGKAN BARANG BUKTI KEJAHATAN; https://www.youtube.com/watch?v=JpegYEevWl8

[5] Rekaman percakapan bernuansa intimidasi dan pelarangan PPWI membantu Polri yang diduga dilakukan oleh oknum Karianton Tampubolon pada Senin, 29 Maret 2021, ada pada redaksi.

KOMENTAR

BLOGGER

JAKARTA


Name

#YosepAdiPrasetyo #ImamWahyudi #NezarPatria #JimmySilalahi #RevaDediUtama #AhmadJauhar #RatnaKomala #HendryChairudinBangun #SinyoSarundajang #LeoBatubaraAlm Aceh Aceh Singkil Aceh Besar Aceh Jaya Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Singkil q Aceh Tamiang Aceh Tenggara Aceh Timur Aceh Utara Aceha Singkil Advertorial Agama Aksi Damai Ambepura Ambon Anak Yatim APM Artis Asian Games Babinsa Bacaleg Bali Balige Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Bangka Belitung Bangka Induk Bangkinang Banjar Banjarmasin Banjarnegara Banjir Banten Bantuan Banjir Bantuan Kebakaran Bantul Batanghari Bawaslu Bawaslu RI Begal Bekasi Bengkalis Berita Pilihan Biak Bima Bireuen Bireun Blora BNN Bogor BPK Brimob Budaya Bupati Aceh Singkil Buton Selatan Buton Tenggara Buton Utara Caleg Ceko Cerpen Ciamis Cianjur Cilegon Cirebon Daerah Dairi Danau Toba Dandim Deli Serdang Demo Denpasar Depok Desa Dewan Pers Dompu DPD RI DPD-RI DPDRI DPR DPR-RI DPRK Aceh Singkil DPT DPTHP Dumai Eggi Sudjana Ekonomi Fachrul Razi Filipina Foto GAMBATTE Garut Gaya Hidup Gempa Bumi Gerak Jalan Grobongan Gubernur Aceh Gunungkidul Gunungsitoli Hankam Headine Headline Hiburan HMI Hongkong Hukum HUT LintasAtjeh HUT Polantas HUT RI Hutan ibu Idul Adha Idul Fitri IKAL Ilegal Logging India Indonesia Indramayu Industri Info Covid-19 Infrastruktur Insfrakstruktur Insfrastruktur Internasional IPJI Jakarta Jakarta Barat Jakarta Selatan Jakarta Timur Jakarta Utara Jakarta- Jalan Jambi Jawa Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jawilan Jaya Pura Jayapura JBMI Jember Jepang Jokowi-Ma'ruf Jurnalistik Kalijodo Kalimantan Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kalteng Kapolri Kappija Karawang Karhutla Kasad Kebakaran Kebakaran Rumah Kediri Kedutaan Kejaksaan Agung Kementerian Perindustrian Kendari Kepala BNN Kepala Daerah Kepri Kesehatan Kesenian Ketawang Kini KIP Aceh Singkil KKSB Klarifikasi KOHATI Kolaka Kolaka Timur Kompas Kompolnas Komsos Konawe Selatan Kopassus Korea Selatan Korem 012 TU Korupsi Kotim KPK KPU Kriminal Kuningan Kunjungan Kenegaraan Kupang KWRI Lamongan Lampung Lampung Timur Langkat Langsa Lebak Legislatif Lhokseumawe Lingga Lingkungan Lombok Lombok Barat Lombok Tengah Lombok Timur Lombok Utara Longkib Lowongan Kerja Madiun Magang Jepang Magetan Mahkamah Agung Malang Malaysia Maluku Mamuju Manado Maroko Mataram Medan Melaboh Menkopolhukam Menperin Menteri Keuangan Menteri Perindustrian Meulaboh Meurauke Minuman Keras Miras MK Mojokerto Moscow Mubes Nabire Narkoba Nasioanal Nasional Nasionnal Natuna Nduga Nias Barat NNasional NTB NTT Nusa Dua Nusa Tenggara Barat Olahraga Opini Orang Hilang Organisasi OTSUS Padang Pakar Palembang Palestia Palu Pandeglang Pangandaran Pangkal Pinang Pangkalpinang Panglima TNI Panwaslih Panwaslih Aceh Singkil Panwaslu Panwaslu Aceh Singkil Panwaslu Kecamatan Papua Parawisata Parmakasian Parpol Partai Demokrat Pasaman Barat Pasuruan Pati PBB PDIP Pekan Baru Pekanbaru Pelantikan Pelantikan Gubernur Pembalakan Liar Pemerintah Pemerintahan Pemilu Pemilu 2019 Penanggalan Penddidikan Pendidikan Pengadilan Penyakit Masyarakat Perhubungan Perikanan Perindo Peristiwa Perkebunan Pers Persit Pertahanan Pertambangan Pertamina Pertania Pertanian Peternakan PGRI Piala Dunia Pidie Pilkada Pilpres PKH PN PNA Pohon Tumbang Politik Polres Aceh Singkil Polres Aceh Utara Polri Polsek Rundeng Polsek Singkil Utara Poltik Ponorogo Pontianak PPP PPWI Prabumulih Presiden Presiden Joko Widodo Presiden Jokowi Prestasi Pringsewu Profil PT Delima Makmur PT Nafasindo PT PLB PT Semadam PT Socfindo PT.Astra Agro Lestari Tbk PT.PLB PT.Socfindo Puasa Puisi Pulang Pisang Purbalingga Puskesmas Gunung Meriah PWI PWRI Rabat Ragam Ramadhan Referendum Riau Riu Roket Sanggau Sangihe SEKBER PERS INDONESIA Sekda Aceh Selandia Baru Semarang Seoul Serang Seregen Setpres RI Sidoarjo Sidorejo Silahturahmi Simpang Kiri Singapura Singkil Utara Singkohor Sinjai Solo Sorong Sosial SPRI Subulsslam Subulusalam Subulussalam Sukabumi Sulaweai Tenggara Sulawesi Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara Sumarera Sumatera Sumatera Barat Sumatera Selatan Sumatera Utara Sumbawa Sumbawa Barat Sumedang Sumpah Pemuda Sumut Surabaya Surakarta Surat Terbuka Tanah Datar Tanggerang Tanggerang Kota Tanggerang Selatan Tanjung Mas Teknologi Thailand Timika Tindouf Tiongkok TMMD TNI TNI AD TNI AL Toba Samosir Toba Samosir Tobasa Tokyo Tsunami UBK Ucaoan Selamat Ucapan Selamat Unjuk Rasa Video Vietnam Wapres Wartawan Wilson Lalengke Wisata Yogyakarta Yonif Raider 301
false
ltr
item
PPWI NEWS: Pak Kapolri, Penyidik Bareskrim Diduga Berupaya Hilangkan Barang Bukti Tindak Kejahatan
Pak Kapolri, Penyidik Bareskrim Diduga Berupaya Hilangkan Barang Bukti Tindak Kejahatan
http://2.bp.blogspot.com/-FHGKWy8Dx7c/YGUt1yGPQ_I/AAAAAAAAGfk/dXq5XeiJXvgmvjlssE6FpRpvCFO7lHjVgCK4BGAYYCw/w341-h400/IMG-20210401-WA0005-705120.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-FHGKWy8Dx7c/YGUt1yGPQ_I/AAAAAAAAGfk/dXq5XeiJXvgmvjlssE6FpRpvCFO7lHjVgCK4BGAYYCw/s72-w341-c-h400/IMG-20210401-WA0005-705120.jpg
PPWI NEWS
https://www.ppwinews.com/2021/04/pak-kapolri-penyidik-bareskrim-diduga.html
https://www.ppwinews.com/
https://www.ppwinews.com/
https://www.ppwinews.com/2021/04/pak-kapolri-penyidik-bareskrim-diduga.html
true
1233144070918991378
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DISARANKAN UNTUK DI BACA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy