-->

Bahas Kenduri Laut, Babinsa di Pulau Banyak Komsos Dengan Panglima Laut

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL – Babinsa Koramil 0109-01/Pulau Banyak Serka April Kurniawan komsos bersama Panglima Laut membahas pelaksanaan kenduri laut yang akan diselenggarakan oleh Panglima Laut di wilayah Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (06/09/2022).

Tak disangkal Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya. Salah satunya adalah Kenduri Laut di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil. Kenduri Laut sendiri merupakan tradisi yang dilakukan setahun sekali, yang telah menjadi tradisi turun temurun sebagai warisan leluhur.

Kenduri Laut juga merupakan kearifan lokal yang harus tetap dilestarikan, karena budaya ini dikenal di sejumlah daerah pesisir sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil laut yang melimpah, dan sekaligus bentuk do'a agar terhindar dari bencana dan bahaya.

Serka April Kurniawan mengatakan, makna Kenduri sangat luas dan Kenduri Laut ini merupakan salah satu wujud rasa syukur para nelayan kepada Allah SWT, atas segala rahmat dan nikmatNya, terutama dalam manfaat hasil sumber daya laut dan hasil tangkapan.

"Untuk para Panglima Laut kami himbau agar Kenduri Laut seperti ini tetap di selenggarakan Insya Allah pemerintah daerah akan bantu, ini merupakan adat yang harus kita jaga maka dari itu saya harap Panglima Laut terus mengagendakan Kenduri Laut," pintanya.

Lebih lanjut Babinsa mengatakan, para nelayan juga menjadi garda terdepan dalam menjaga kelestarian laut serta isinya. Karenanya, ia menghimbau agar nelayan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan, dengan tetap menjaga ekosistem terumbu karang, tempat di mana ikan bisa berkembang biak.

"Seluruh masyarakat nelayan, baik tradisional maupun nelayan yang menggunakan teknologi tangkap ikan canggih harus mengedepankan upaya pelestarian keanekaragaman kekayaan laut demi kepentingan bersama," pesan Babinsa.

Babinsa juga mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan berkah kepada para nelayan yang sehari-harinya bekerja untuk melaut mencari ikan di wilayah Pulau Banyak.

"TNI selalu ada untuk rakyat, untuk itu kegiatan kenduri ini sebagai wahana untuk mempererat tali silahturahmi antara masyarakat Pulau Banyak dan TNI khususnya Koramil 01/Pulau Banyak," pungkas Babinsa.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini