-->

Babinsa Rantau Gedang Pantau Pemasangan Perangkap Buaya

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL – Babinsa Koramil 0109-02/Singkil Serda Suparlan memantau pemasangan perangkap buaya oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Desa Rantau Gedang, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Senin (12/09/2022).

Pemasangan perangkap ini dilakukan pasca penyerangan buaya terhadap salah seorang warga Desa Rantau Gedang.

Dibantu Babinsa, kepolisian dan masyarakat, petugas BKSDA perangkap tersebut dipasang untuk menangkap buaya yang diduga memangsa warga setempat. Langkah ini diambil sebagai respons atas serangan buaya terhadap warga sekitar yang beraktivitas.

"Ini sebagai langkah mengatasi konflik manusia dan buaya, Kami meminta kepada masyarakat untuk tidak menyakiti buaya karena buaya adalah satwa yang dilindungi undang-undang. Namun kami tetap mengutamakan keselamatan warga di dalam hal ini," kata Serda Suparlan selaku Babinsa Koramil 02/Singkil.

Ia menjelaskan konflik antara buaya dengan manusia kembali menjadi perhatian masyarakat setempat. Mereka khawatir karena aktivitas buaya makin meningkat dan dirasakan membahayakan keselamatan mereka.

Aktivitas buaya yang mengganas dan menyasar perairan kawasan permukiman diduga karena kelaparan karena sumber makanan di habitat mereka makin sulit didapat.

Babinsa menghimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai atau habitat hewan buas lainnya untuk senantiasa berhati-hati dan selalu waspada. Karena hewan liar memiliki insting tersendiri, tentunya jika merasa terusik akan berusaha menyerang.

"Intinya saya berharap masyarakat selalu waspada apalagi jika aktivitas dekat dengan habitat satwa liar," tandasnya.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini