-->

Anggota TNI Sulap Limbah Tempurung Kelapa Menjadi Kerajinan Bernilai Ekonomis Tinggi

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL - Di masa pandemi ini TNl terus berupaya memulihkan kondisi stabilitas kehidupan masyarakat, termasuk bidang ekonomi. Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 01/Pulau Banyak Kodim 0109/Aceh Singkil Kopka Efrizal Sugianto membantu warga binaannya memanfaatkan limbah kelapa yaitu tempurung kelapa atau yang disebut juga batok kelapa disulap menjadi kerajinan yang menarik dan bernilai ekonomis tinggi.

Kini limbah tempurung kelapa dapat disulap menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tempurung kelapa dapat dijadikan banyak benda yang unik, menarik dan juga fungsional.

Dari limbah tempurung kelapa dapat menghasilkan sejumlah produk kerajinan seperti souvenir pernikahan, perabotan rumah tangga, sendok sayur, wadah sambel, tempat minum, gayung air, asbak rokok, mangkuk, dan piring.

Selain itu, limbah tempurung kelapa juga bisa dibuat berbagai aksesoris seperti kalung, jepit rambut, kancing baju, figura,gantungan kunci, bunga, miniatur kendaraan, ukiran, ikat pinggang, sandal selop, tas, dan lainnya.

Selain bahan yang mudah dicari, kerajinan dari limbah tempurung kelapa juga tampak indah dan cocok untuk dijadikan hiasan dalam ruangan, sehingga akan menambah nilai estetik alami karena warna coklatnya menyatu dengan alam.

Mengapa kerajinan dari tempurung kelapa menjadi alternatif menambah penghasilan ekonomi di tengah pandemi, sebab selain mudah dipasarkan juga harganya cukup terjangkau oleh semua kalangan. Hal ini dapat terjadi karena tempurung kelapa memiliki corak alami yang khas layaknya kayu sehingga hanya membutuhkan sedikit polesan.

Pembuatan kerajinan dari tempurung kelapa membutuhkan keterampilan khusus dan kemauan tinggi supaya menghasilkan kerajinan yang bernilai seni tinggi.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan dari limbah tempurung kelapa yaitu Tempurung kelapa, Lem kayu, Plitur/melamin, Dempul, Cat Pernis dan ini adalah beberapa alat yang digunakan untuk pembuatan kerajinan tempurung kelapa yaitu Amplas, Gergaji besi dan Pisau/kaca.

Untuk itu, mari tingkatkan lagi kreativitas anak bangsa untuk memajukan Sergai lewat karya seni kerajinan tangan. Mari manfaatkan benda-benda yang ada di sekeliling, agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual. Seperti batok kelapa, sehingga dapat menambah pendapatan (income) masyarakat di daerah tersebut.

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini