-->

Babinsa Bantu Warga Buat Gunungan Adat di Tanjung Mas

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan Kodim 0910/Aceh Singkil Kopda Hermansyah membantu masyarakat membuat Gunungan Adat di desa Budaya Tanjung Mas, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (16/04/2022).

Kegiatan membantu masyarakat membuat Gunungan Adat ini adalah agar terciptanya rasa kebersamaan dan kekompakan antara warga dengan Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan.

"Sedapat mungkin, keberadaan Babinsa selalu dirasakan oleh masyarakat dan kita ingin TNI selalu ada di hati rakyat, bekerja bersama rakyat saling bantu membantu," ujar Kopda Hermansyah.

Menurut Kades Tanjung mas, Sabirin Malau, Gunungan adat merupakan tradisi turun temurun yang harus dilestarikan baik dalam acara adat maupun kegiatan lain, Gunungan merupakan salah satu alat yang digunakan baik acara Khitanan maupun acara hajatan pernikahan yang berfungsi sebagai alat untuk mengarak calon pengantin pria/wanita, juga yang akan di khitan/khitanan keliling kampung.

"Sebagai Desa yang ditunjuk menjadi Desa budaya di Kabupaten Aceh Singkil ini, kami ingin melestarikan adat istiadat turun temurun tersebut, serta menjaga dan menghidupkan kembali ,agar dapat tetap dikatahui dan dirasakan oleh generasi mendatang, jangan sampai anak cucu kita tidak tahu akan adat dan istiadat nya sendiri," ucap Kepala Desa Tanjung Mas.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini