-->

Babinsa Jontor Bantu Warga Semprot Hama Pepaya

REDAKSI author photo

SUBULUSSALAM - Babinsa Posramil Penanggalan Kodim 0118/Subulussalam Serda Boyan Naibaho yang tengah melakukan pendampingan dengan membantu perawatan kebun pepaya milik Mahda di Desa Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam, Aceh, Minggu (27/03/2022).

Serda Boyan Naibaho mengatakan kehadirannya di kebun saudara Mahdan dalam rangka mendampingi dan membantu untuk menyemprot perkebunan pepaya tersebut agar terhindar dari hama dan tumbuh dengan baik.

"Dalam perawatan kali ini kita bersama Mahdan melakukan penyemprotan Hama kutu putih atau kutu tanaman, tungau merah/coklat/hijau dan Lalat buah. Hama tanaman pepaya ketiga macam diatas biasanya menghisap Cairan Sel dalam jaringan(daun batang buah pepaya dengan menggunakan mulutnya) akibatnya daun bisa mengkerut, kekuningkuningan, buahnya rusak kulit luar dan daging dalamnya jika matang warna blonteng(bangle) dengan penyemprotan menggunakan obat jenis insektisida kontak, dengan harapan setelah kita lakukan penyemprotan tumbuh kembang tanaman dapat terjaga dan terhindar dari serangan hama," ujar Boyan.

Sebagai Babinsa, Ia berusaha untuk selalu di tengah-tengah petani untuk menyemangati, serta berupaya memberi solusi dalam tindakan dan mengarahkannya sehingga petani akan lebih baik dalam pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, sehingga sampai panen mencapai hasil yang di harapkan.

Sementara Mahdan selaku pemilik kebun mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang turun langsung mendampingi dalam perawatan kebun pepaya miliknya.

"Dengan hadirnya Babinsa mendampingi, kami selaku petani sangat senang dan terbantu, selain memberikan solusi Babinsa juga tidak segan turun langsung membantu kita dilapangan," tandasnya.(Pendim Subulussalam)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini