-->

Babinsa Dampingi Poktan Binaan Periksa Hama Tanaman Jagung

REDAKSI author photo

SINGKILTERKINI.NET,SUBULUSSALAM - Babinsa Posramil terus melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di wilayah. Kali ini Babinsa Posramil Penanggalan Kodim 0118/ Subulussalam Koptu Ilham Dalimunte bersama petani melakukan kegiatan pengamatan hama tanaman jagung milik Saiful Poktan Tani Jaya Desa Penuntungan Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam Sabtu (19/02/2022).

Kegiatan pengamatan hama ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hama atau penyakit tanaman yang menyerang.  Bila sejak awal sudah diketahui jenis hama atau penyakit yang menyerang maupun luas kerusakan yang diakibatkan, maka dengan segera ditangani.

Menurut Koptu Ilham Dalimunte, hama yang menyerang tanaman jagung biasanya ulat grayak, belalang, kumbang bubuk, lalat bibit, penggerek tongkol, penggerek batang dan kutu daun yang berakibat menurunnya hasil panen.

"Selain hama tersebut, biasanya tanaman jagung diserang penyakit bulai yang disebabkan jamur. Bila tanaman jagung diserang bulai ditandai dengan adanya daun yang berwarna kuning keputih-putihan.  Tanaman jagung yang terkena penyakit bulai akan mengalami gangguan pertumbuhan, tanaman akan kerdil dan tidak akan berbuah," terangnya.

Hama atau penyakit tersebut dapat berpotensi menurunkan hasil panen bahkan bila dalam skala luas dan tidak tertangani bisa menggagalkan panen. 

"Untuk mengurangi resiko tersebut maka kami Babinsa terjun langsung ke lapangan bersama petani melakukan pengamatan hama secara berkala.  Selain itu para petani atau Poktan harus sering konsultasi dengan PPL agar diperoleh informasi cara budidaya jagung dan pengendalian hama yang tepat sehingga produksi jagung meningkat.(Pendim Subulussalam)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini