Iklan

Tim Khusus Polda Papua Tangkap Anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata

REDAKSI
Sunday, May 13, 2018, Sunday, May 13, 2018 WIB Last Updated 2018-05-13T06:57:03Z

PPWINEWS.COM,PAPUA - Tim Khusus Polda Papua menangkap Yogor Telenggen alias Kartu Kuning Yoman, anggota kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Mulia, Ibukota Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Sabtu 12 Mei 2018 dini hari sekitar pukul 04.00 WIT.

Penangkapan Yogor Telenggen merupakan suatu prestasi yang perlu mendapatkan apresiasi dari masyarakat karena sepak terjangnya selama ini sudah sangat meresahkan masyarakat dan mengganggu stabilitas keamanan di Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli ketika dikonfirmasi dari angkasa di Jayapura, Sabtu (12/5/2018) membenarkan adanya penangkapan Yogor Telenggen alias Kartu Kuning Yoman oleh anggotanya di Mulia serta mengamankan satu pucuk pistol G2 Combat.

"Memang benar Yogor Telenggen, adalah salah satu anggota KKSB yang kabur dari Lapas Abepura 2016 lalu, dan sudah berhasil ditangkap di Mulia," sebut Kapolda.

Menurut Irjen Pol Boy Rafli, pada saat rumah Yohor digeledah oleh personil Satgassus Polda Papua ikut didapatkan senjata Pistol jenis G2 milik Alm Pratu Sandi Noviana (Anggota Kopassus Satgasban 15 Pos Distrik Sinak Kabupaten Puncak) yang telah dirampas oleh anggota KKSB pada tanggal 12 Februari 2018. Sabtu dini hari, sekitar pukul 04.00 WIT.

Kapolda menyampaikan, pada saat hendak ditangkap Yogor Telenggen sempat melakukan perlawanan dan sempat berupaya menembak anggota, namun anggota berhasil melumpuhkannya dengan menembak di bagian kaki.

"Yogor Telenggen sudah dievakuasi ke Jayapura dan langsung dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan akibat luka tembak dibagian kaki sebelah kanan dan kini ditangani tim dokter RS Bhayangkara," kata Irjen Pol Boy Rafli.

Sementara itu, Kepala Rumkit Polri Bhayangkara Kotaraja, Kompol dr Hari secara terpisah mengatakan kondisi Yogor Telenggen sudah stabil namun masih ditangani paramedis.

"Kondisinya stabil dan mengalami luka akibat tertembak dibetis bagian kanan namun tidak ada tulang yang patah," kata Kompol dr.Heri.

Yogor Telenggen alias Kartu Kuning Yoman akan menjalani tindakan medis berupa operasi terhadap luka yang dialami sore ini. [Wawan]
Komentar

Tampilkan

Terkini