-->

Penataran Aplikasi SILACAK Kodim 0118/Subulussalam

REDAKSI author photo

SUBULUSSALAM - Penataran Aplikasi SILACAK (Sistem Informasi Pelacakan) bagi tracer COVID-19 dengan Narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Subulussalam diharapkan dapat mendukung kegiatan Testing, Tracing dan Treatment (3T) di Satuan Kodim 0118/Subulussalam. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Selasa (03/08/2021) di Makodim 0118/Subulussalam.

Penataran aplikasi SILACAK tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk terselenggaranya upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Menurut Novi Nelviza S.Tr.keb bahwa dalam rangka penerapan Surat Edaran Kemenkes RI Nomor 817 tahun 2021 tentang Peningkatan Tes, Lacak dan Isolasi, maka diharapkan pelatihan tersebut dapat meningkatkan cakupan 3T.

"Tracing atau pelacakan adalah bagian dari upaya 3T, melengkapi Testing dan Treatment, yang dilakukan pemerintah sebagai bagian penanganan COVID-19. Dalam hal ini yang menjadi sasaran langsung sebagai Tracer yaitu Babinsa dan Babinkantibmas, dan petugas Surveilans Puskesmas sebagai petugas pengolah data. Dengan adanya Tracer memudahkan petugas Puskesmas dalam memantau orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi", ungkap Novi.

Lebih lanjut dijelaskan Novi Nelviza S.Tr.keb, dalam melakukan pelacakan, penting untuk mengidentifikasi waktu dan tempat dari orang-orang yang berkontak dengan penderita COVID-19, lalu menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virus, dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit Covid-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

"Namun perlu diketahui yang akan dilakukan test tidak hanya yang terkonfirmasi namun juga yang memiliki riwayat kontak erat", jelasnya.

Beberapa hal yang menjadi point pembahasan dalam pelatihan ini yaitu Pentingnya membangun kerja sama dan koordinasi antara tim Puskesmas dengan Tracer untuk penguatan 3T sehingga kasus konfirmasi sedini mungkin dapat ditindaklanjuti untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 serta pengentrian data pada Aplikasi Silacak dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Terselenggaranya penataran aplikasi Silacak semoga para Babinsa Kodim 0118/Subulussalam mampu memncerna dan menggunakan aplikasi tersebut dengan baik, terang Kapten Inf Gunawan

"Pastinya, kita tetap diharapkan untuk dapat mempertahankan dan selalu memberikan aosialisasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dengan wajib Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga Jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," ujarnya. (Pendim 0118/Subulussalam)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini