-->

Mahasiswa KKN STAISAR Pasang Papan Nama Kampung dan Dusun di Sukamakmur

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL - Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Abdul Kasim Khallaf, Angkatan XVI STAISAR 2021 melakukan pemasangan papan nama Kampung dan penunjuk jalan dipersimpangan dusun di Kampung  Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Senin (2/8/2021).

Ketua Kelompok KKN Abdul Kasim Khallaf Angkatan XVI STAISAR 2021, Safliandi kepada Singkilterkini.net, mengatakan pemasangan papan nama Kampung dan penunjuk jalan dipersimpangan dusun termasuk salah satu program kerja mahasiswa KKN STAISAR Aceh Singkil di Kampung Sukamakmur.

Pemasangan papan nama tersebut juga sebagai bentuk dedikasi mahasiswa kepada Kampung Sukamakmur yang telah menerima mahasiswa STAISAR Aceh Singkil dalam melakukan Kuliah Kerja Nyata.

"Pemasangan Papan nama Kampung dan Dusun ini merupakan tanda nama untuk mengetahui suatu tempat atau lokasi sehingga mudah dikenali oleh orang lain ketika melihat papan namanya," ujar Salfiandi.

Tanpa adanya papan nama, kata Dia, maka orang-orang akan sulit untuk mengenali/mencari tempat yang akan dituju.

Safliandi menjelaskan, Kampung Suka Makmur Kecamatan Gunung Meriah termasuk salah satu Kampung yang belum mempunyai papan nama Kampung dan penunjuk jalan di setiap jalan dan dusun.

"Dari latar belakang ini, kami rasa perlu untuk mengadakan program kerja pembuatan papan nama Kampung dan nama dusun sebagai penunjuk jalan sehingga orang lebih mudah mencari tempat yang akan dicari," ungkapnya.

Sehingga, tambahnya, dengan adanya papan nama tersebut dapat membantu dan memberikan tanda bagi orang yang ingin mencari tempat dengan mudah.

"Pembuatan dan pemasangan papan nama Kampung dan dusun ini juga mendapat dukungan dari Salmen Berutu (Kepala Kampung Sukamakmur) beserta perangkat maupun dari masyarakat," jelasnya.

Apalagi, sambungnya, pada saat proses pemasangan papan nama Kampung maupun papan nama penunjuk jalan juga ikut dibantu langsung oleh Kepala Kampung, Sekdes, Kadus, Kaur Pembangunan dan beberapa masyakat Kampong Suka Makmur.

"Mereka sangat antusias membantu program ini, karena pemasangan papan nama desa sangat berguna bagi masyarakat sekitar dan pendatang yang ingin menuju ke Kampong Suka Makmur," sebutnya.

Safliadi menjelaskan, selama ini banyak para pendatang dari luar Kampung Sukamakmur yang salah masuk ketika ingin menuju ke Kampung Suka Makmur. Hal ini dikarenakan terdapat dua Kampung yang memiliki nama Kampung yang sama yang terletak di Kecamatan Gunung Meriah dan Kecamatan Singkil.

Sehingga, ungkapnya, banyak para pendatang yang bingung dan terkadang salah masuk ketika mencari keberadaan Kampung Suka Makmur, akibat tidak adanya papan nama Kampung sebagai penunjuk arah dan penanda Desa tersebut.

Khusus untuk pemasangan papan nama Kampung, tambahnya lagi, dipasangkan didua tempat yakni diperbatasan Kampung Sukamakmur dengan Kampung Blok VI Baru dan Perbatasan Kampung Sukamakmur dengan Kampung Tanah Bara.

Sementara itu, Kepala Kampung Sukamakmur Salmen Berutu menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok KKN Abdul Kasim Khallaf, Angkatan XVI STAISAR 2021 atas inisiatif melakukan pemasangan papan nama Kampung maupun dusun.

Intinya, kata Salmen, pemasangan papan nama Kampung dan Dusun ini saat bermanfaat baik bagi masyarakat Sukamakmur maupun masyarakat luar Sukamakmur. (Jamal)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini