-->

Kodim 0109/Aceh Singkil Gelar Penanaman Bibit Mangrove di Pantai Gosong

REDAKSI author photo

ACEH SINGKIL - Kodim 0109/Aceh Singkil melakukan penanaman bibit mangrove bertempat ditempat wisata pantai Cemara Indah Desa Gosong Telaga Selatan Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil, Kegiatan ini merupakan implementasi dari program Pembinaan Lingkungan Hidup Tahun 2021, Jumat (13/08/2021).

Keberadaan ekosistem mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

Kegiatan Penanaman bibit ini merupakan Program Pembinaan Lingkungan Hidup dari Kodim 0109/Aceh Singkil dengan mengusung tema "Bersinergi Dalam Menjaga Dan Melestarikan Lingkungan" untuk melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi pemanasan global dan ekosistem perairan.

Penanaman bibit mangrove dipimpin langsung oleh Pasiter Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Dahlius mewakili Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Yudho Widiharto, S.I.P. Turut hadir Danramil 02/Singkil Kapten Inf Bambang. S, Kapolsek Singkil Utara Ipda Bambang, Kadis Bapedalda Masdiana, S.si, Camat Singkil Utara Asnaldi, Ketua Hipakad Kabupaten Aceh Singkil beserta anggota, Personel Koramil dan Kodim 0109/Aceh Singkil, Personel Polsek Singkil Utara, Kepala Desa Gosong Telaga Selatan beserta warga, Anggota Polhut Kabupaten Aceh Singkil dan Pramuka.

Pasiter Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Dahlius mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Kodim 0109/Aceh Singkil agar menghijaukan alam pesisir di kabupaten tersebut.

"Kita memberikan motivasi stimulan sehingga ini bisa menjadikan setiap momen, yang berkaitan dengan instansi dan satuan atau dengan Kabupaten ini, ya kita tetap melestarikan penghijauan ini sehingga bisa secara berkesinambungan kita laksanakan dan alam tetap bisa terjaga dan tetap lestari salah satunya dari kegiatan kita ini," ungkap Pasiter Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Dahlius.

Dikatakan lebih lanjut bahwa, "Penanaman bibit mangrove ini merupakan salah satu sarana untuk mencegah terjadinya abrasi bibir pantai dan diharapkan dapat berdampak positif khususnya bagi masyarakat pesisir dan rangkaian kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestariaan lingkungan alam di sekitar kita," ucap Kapten Inf Dahlius.

"Penanaman Mangrove kian di berdayakan sebab pohon Mangrove diyakini mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat sehingga mampu meredam energi gelombang laut yang terjadi dan dapat menahan arus serta sedimen yang dibawa oleh gelombang," pungkas Pasiter. (Pen)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini