-->

Peringati HUT ke 73, Yonif R-301/PKS Ziarah ke Makam Prabu Kiansantang

REDAKSI

SUMEDANG - Tepatnya 73 Tahun yang lalu dengan dibentuknya Batalyon III/Prabu Kiansantang di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang merupakan satuan TNI yang menumpas Pemberontakan PKI Muso di Madiun.

Kemudian setelah selesainya perundingan renville, maka Batalyon Kian Santang melaksanakan perpindahan ke Jawa Barat dan sampai saat ini berdislokasi di desa Citimun, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Merujuk dari sejarah yang ada maka Yonif Raider 301/PKS memperingati hari jadi yang ke-73 dengan rangkaian kegiatan, diantaranya ziarah ke Makam Syekh Sunan Rohmat Suci yang dikenal dengan nama Prabu Kiansantang di Godog Kecamatan Karang Pawitan, Kabupaten Garut. 

Acara syukuran, doa bersama dan menyantuni Anak Yatim juga digelar di Markas Komando Yonif R 301/Pks serta kegiatan sosial berupa membagikan nasi Kotak kepada para Pengayuh Becak, Pengemudi Delman dan Juru Parkir di seputaran Kota Sumedang.

"Ziarah rombongan di makam Prabu Kiansantang ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Para peserta ziarah jug dibatasi karena harus menerapkan protokol kesehatan", kaat Danyonif R 301/Pks, Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, Minggu, 21 Februari 2021.

Kegiatan ini, sambungnya, sudah menjadi agenda rutin dalam rangka memperingati Milad ke - 73 Batalyon Infanteri Raider 301/Pks.

“Kami berharap para Prajurit Kiansantang bisa meneladani jiwa patriot Prabu Kiansantang sehingga bisa melanjutkan jiwa juang kepahlawanan Prabu Kiansantang sebagai Tentara sekaligus Ulama Waliyullah demi kemajuan bangsa ini,” ujar Danyonif.

Puncak perayaan HUT Batalyon Infanteri Raider 301/Prabu Kiansantang tahun ini juga diisi dengan acara Syukuran dan Doa bersama seluruh Prajurit dilanjutkan santunan kepada anak-anak Yatim pemotongan Tumpeng oleh Danyonif Raider 301/Pks yang diberikan kepada Prajurit terlama berdinas di Kiansantang, Serka Adis Roni dan Prajurit Termuda, Prada Ilham Firdaus Alam.

Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi menambahkan, peringatan Hari Jadi ke-73 ini dilaksanakan dengan suasana sederhana karena diperingati pada masa pandemi COVID-19.

Namun, sambungnya, tidak menghilangkan esensi dan maksud dari tujuannya, yaitu bahwa peringatan hari ulang tahun pada hakekatnya merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala keberhasilan yang telah dicapai sekaligus merupakan momentum untuk mengenang para pendahulu yang telah ikut serta dalam membesarkan Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang.

Danyonif Raider 301/Pks secara khusus juga mengucapkan Dirgahayu Ke-73 kepada segenap Prajurit Prabu Kiansantang. (Red).

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini