-->

Sungai Lae Cinandang Meluap, Puluhan Desa di Aceh Singkil Terendam

REDAKSI

PPWINEW.COM, ACEH SINGKIL - Hujan yang mengguyur swilayah di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh dan sekitarnya sejak satu pekan terakhir, menyebabkan rumah warga yang bermukim di sekitar bantaran Sungai Lae Cinandang terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil Mohd Ichsan, menyampaikan, banjir merendam 6 desa di Kecamatan Simpang Kanan, 4 Desa di Kecamatan Gunung Meriah dan 11 Desa di Kecamatan Singkil. 

Ichsan menyebutkan, berdasarkan laporan yang diterima BPBD Aceh Singkil, Sabtu, (21/11/ 2020), sebanyak 332 KK/1.372 jiwa ikut terdampak banjir, Bahkan, banjir selain merendam pemukiman penduduk dan fasilitas umum lainnya, banjir juga ikut merendam sekitar 149 hektar sawah.

Banjir di Kecamatan Simpang, kata dia, terjadi sejak Pukul 22.00 WIB pada Jum'at 20 November 2020. "Alhamdulillah banjir yang merendam pemukiman warga dari 6 Desa di Kecamatan Simpang Kanan sudah surut," sebutnya.

Sementara untuk banjir yang melanda pemukiman penduduk berikut fasilitas umum di wilayah Kecamatan Gunung Meriah, kata Ihsan, terjadi pada Sabtu, 21 November 2020. Akibatnya, ikut berdampak terhadap 265 KK /1.070 Jiwa. 

"Alhamdulillah, banjir yang merendam pemukiman penduduk dari 4 Desa di Kecamatan Gunung Meriah juga sudah surut," kata Ichsan kepada Singkilterkini.net, Selasa (24/11/2020).

Sedangkan, lanjut Ichsan, untuk banjir yang merendam pemukiman penduduk dan fasilitas umum lainnya di 11 Desa di Kecamatan Singkil terjadi pada Minggu, 22 November 2020, sekitar pukul 21.00 WIB.

Banjir di wilayah Kecamatan Singkil, tambahnya, sampai saat ini, masih merendam pemukiman penduduk termasuk fasilitas umum. "Totalnya ada 2.298 KK/10.581 Jiwa yang terdampak banjir," ujar Ichsan.

Banjir yang merendam pemukiman penduduk di 3 Kecamatan merupakan banjir akibat luapan Sungai Lae Cinandang. "Hingga kini, belum ada laporan warga yang mengungsi," sebutnya.

Ihsan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat yang berada di bantaran Sungai Lae Cinandang untuk tetap siaga. (Red/Jamal)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini