-->

Cara Efektif Dalam Membuat Berita

REDAKSI author photo

PPWINEWS.COM - Seorang Pewarta/Wartawan atau sebutan lain tentunya dituntut untuk membuat berita dengan baik dan benar. Sebab, berita yang nantinya akan diterbitkan di media memiliki peran penting sebagai informasi untuk masyarakat.

Berita merupakan informasi baru mengenai suatu hal yang sedang terjadi. Secara umum, berita yang dibuat mengikuti dengan peristiwa-peristiwa hangat yang sedang menjadi perbincangan publik.

Pewarta/Wartawan/sebutan lain merupakan sosok pelapor atau pembuat berita. Untuk itu, harus mampu membuat berita dengan baik dan benar.

Lantas bagaimana seorang apa yang perlu diperhatikan oleh pewarta/wartawan ketika membuat berita, sehingga berita yang dibuat dapat disajikan oleh redaksi kepada para pembaca.

Sebelum membuat berita, lakukanlah penggalian fakta sedalam-dalamnya pada sebuah peristiwa. Hal tersebut untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh Pembaca (Khalayak ramai).

Dalam membuat berita diperlukan sebuah keterampilan serta penguasaan dasar penulisan oleh pewarta/wartawan sehingga pesan yang ingin disampaikan (dalam bentuk berita) dapat dimengerti dan tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat berita:

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, yang perlu diperhatikan ketika membuat berita, diantaranya meliputi peristiwa hangat, sumber berita, pengalian data, unsur 5W+1H, Judul Berita (Headline), Teras Berita (Lead) dan
Isi Berita (Body).
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini