Iklan

Kapolres dan Dandim Aceh Singkil Tinjau Kampung Tangguh Nusantara di Desa Sidodadi

Friday, June 26, 2020, Friday, June 26, 2020 WIB Last Updated 2020-07-02T03:10:13Z

ACEH SINGKIL - Kapolres Aceh Singkil AKBP Mike Hardy Wirapraja AKBP Mike Hardy Wirapraja bersama Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Inf Syaifuddin meninjau kesiapan Kampung Tangguh Nusantara di Desa Sidodadi, Kecamatan Simpang Kanan, Rabu (24/6/2020).

Kedatangan orang nomor satu di jajaran Polres Aceh Singkil dan Kodim 0109 Aceh Singkil itu Kapolres disambut Camat Simpang Kanan, H. Suharsono; Kapolsek Simpang Kanan, AKP Asral; Danramil 04/Simpang Kanan, Kapten, Inf Asfimal; dan Kepala Desa Sidodadi, Asmardin Bancin.

Hadir juga, Staf Kecamatan Simpang Kanan; Sekretaris Desa Sidodadi; Sutarman beserta Perangkatnya; Ketua BPG Sidodadi,Rahman; Babinsa Sododadi, Kopda Aris Rizal; dan Bhabinkamtibmas Sidodadi, Bripka Roni E dan puluhan warga setempat.

Kapolres bersama Dandim Aceh Singkil mengecek langsung satu persatu sarana fisik Kampung Tangguh Nusantara di Desa Sidodadi, diantaranya pengecekan kesiapan Posko Kampung Tangguh Nusantara, Kesiapan ruang kesehatan kesiapan ruang isolasi dan ruang informasi.

Dalam kunjungan itu, AKBP Mike Hardy Wirapraja bersama Letkol Inf Syaifuddin meminta kepada Pemerintah Desa Sidodadi untuk mensosialisasikan kepada warga terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 serta menjadi contoh bagi warganya.


Orang nomor satu di Polres Aceh Singkil dan Kodim 0109 Aceh Singkil itu juga mengimbau kepada untuk saling bahu membahu dalam melakukan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas dan cepat berakhir. Karena, dengan kebersamaan, dan disiplin melakukan pencegahan, pandemi ini akan bisa segera berakhir.

Informasi yang berhasil dihimpun Singkilterkini.net, Desa Sidodadi merupakan salah satu desa di Kecamatan Simpang Kanan yang ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara.

Hal itu dikarenakan kesiapan Pemerintah Desa dalam hal penanganan dan pencegahan Covid-19, sertakemandirian desa tersebut baik dari segi ketahanan pangan masyarakat, kesehatan hingga segi keamanan.

Beberapa inovasi desa ini, di antaranya Pemerintah Desa Sidodadi membentuk posko Kampung Tangguh Nusantara dan Posko Relawan Desa Lawan Covid-19.

Lalu, desa ini juga telah menyediakan rumah isolasi mandiri, Pos jaga Kampung, dan taman bermain menuju new normal yang berada tidak berjauhan dengan posko Kampung Tanggung Nusantara.

Untuk sektor ketahanan pangan, Desa Sidodadi melalui ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan masyarakat seperti penanaman palawija, dan sayur-sayuran. Begitu juga sektor peternakan ayam, kambing dan sapi serta perikanan air tawar.

Kampung Tangguh Nusantara merupakan program Nasional, hal tersebut juga bisa terwujud berkat kerja sama tiga pilar, yakni unsur Pemerintahan, TNI dan Polri, yang terus bersinergi dalam hal pencegahan dan penanganan, serta kemandirian dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam rombongan Kapolres Aceh Singkil dan Dandim 0109/Aceh Singkil diantaranya, Waka Polres, Kabag Ops, Kasat Shabara, Kasat Intel, dan sejumlah personil Polres dan Kodim Aceh Singkil. (Jamaluddin)  
Komentar

Tampilkan

Terkini