-->

Iklan

Cegah Covid-19, Pemkab Aceh Singkil Uji Coba New Normal di Pekan Mingguan Sianjo-Anjo

Sunday, May 31, 2020, Sunday, May 31, 2020 WIB Last Updated 2020-06-02T17:25:31Z

PPWINEWS.COM, ACEH SINGKIL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil menggelar uji coba penerapan new normal atau kenormalan baru di Pekan Mingguan Sianjo-Anjo, Kampung Sianjo-Anjo, Kecamatan Gunung Meriah, Minggu (31/5/2020).

Uji coba atau simulasi itu melibatkan personil TNI, Polri, Instansi terkait, Pemerintah Kecamatan Gunung Meriah, Pemerintah Kampung Sianjo-Anjo dan Pengelola Pekan Mingguan Sianjo-Anjo.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Disperindagkop dan UKM Aceh Singkil, Paisal; Kadis Kesehatan Aceh Singkil, Erwin; Kadishub Aceh Singkil, Malim Dewa; Kasatpolpp dan WH Aceh Singkil, Ahmad Yani; Kasat Sabhara Polres Aceh Singkil, AKP Didik, Camat Gunung Meriah, Johan Pahmi Sanip; Kapolsek Gunung Meriah, Ipda Mulyadi, Danramil 03/Gunung Meriah, Kapten Inf Dahlius; dan Kepala Kampung Sianjo-Anjo.

Pantauan, dalam aksi itu para petugas gabungan menempati titik-titik lokasi, mulai depan pasar, persimpangan-persimpangan jalan, tempat-tempat jualan hingga sudut-sudut tertentu.

Kehadiran para petugas gabungan bertujuan untuk memantau pergerakan semua warga mulai dari pedagang, pembeli maupun para pengunjung lainnya, sekaligus memberi imbauan agar mematuhi protokol kesehatan.

Kadisperindagkop dan UKM Kabupaten Aceh Singkil, Paisal menyebutkan guna menunjang kegiatan, para petugas gabungan ikut melakukan sosialisasi tentang protokol Kesehatan, menentukan jalur masuk dan keluar lokasi pekan, melakukan penutupan jalur yang tidak masuk dalam penentuan keluar masuk pekan, dan melakukan pemasangan rambu masuk dan keluar pekan.

Kemudian, memberikan batas lapak pedagang yang berdagang di bahu jalan dengan memberi garis polisi, menetapkan lokasi bongkar muat bagi para pedagang, menyediakan tempat air cuci tangan disetiap pintu masuk pekan, melakukan pengecekan suhu tubuh, hingga membagikan masker.

"Khusus untuk pasar, uji coba new normal baru diterapkan di Pekan Mingguan Sianjo-Anjo Gunung Meriah," ujarnya. 

Kedepannya ini, lanjutnya, hal yang sama juga akan digelar di Pasar Harian/Pasar Tingkat di Kampung Lae Butar, Kecamatan Gunung Meriah, begitu juga terhadap pasar lainnya yang ada di seluruh Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Singkil.

Paisal, juga menghimbau kepada pedagang maupun  pembeli agar dapat disiplin diri dengan mematuhi protokol Covid-19 seperti mengenakan masker dan jaga jarak.

Sementara itu, Kapolsek Gunung Meriah, Ipda Mulyadi menambahkan, pelaksanaan uji coba new normal di pekan Mingguan Sianjo Anjo, pada intinya untuk mendisplinkan masyarakat agar senantiasa menjalankan protokol kesehatan terhadap Covid-19.

"Kita berharap masyarakat senantiasa menggunakan masker ketika melaksanakan aktivitas keluar rumah, termasuk ke pasar, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun, dan berprilaku hidup bersih," jelasnya.

Sementara itu, Danramil 03/Gunung Meriah, Kapten Inf Dahlius menambahkan, dalam mem-back up pelaksanaan new normal di Pasar Mingguan Sianjo-Anjo pihaknya juga ikut menurunkan puluhan personil ditambah dari Polsek Gunung Meriah dan Polres Aceh Singkil.

Penempatan petugas tersebut, katanya, terutama untuk pengawasan Pekan Mingguan yang tergolong ramai terlebih pada saat hari pekan berlangsung.

Walaupun demikian, Dahlius menyebutkan, pelaksanaan new normal di Pekan Mingguan Sianjo-Anjo lebih mengedepankan humanis dan tidak sampai kepada sanksi hukum, dalam artian jika terjadi pelanggaran yang bersangkutan disarankan untuk melengkapi.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Gunung Meriah Johan Pahmi Sanip menerangkan, new normal merupakan suatu tatanan kehidupan baru dalam rangka penyesuaian terhadap Covid-19 melalui pendisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Dikatakannya, pada pelaksanaan new normal lebih bersifat untuk mendisiplinkan warga agar dengan kesadaran sendiri mampu menerapkan protokol kesehatan.

"Intinya, dalam penerapan New Normal ini pemerintah tidak membatasi pasar-pasar maupun aktivitas masyarakat lainnya untuk beroperasi dengan catatan mereka ikut mematuhi anjuran pemerintahterkait penerapan protokol kesehatan," ungkapnya.

Dipenghujung penyampaiannya, Camat Gunung Meriah juga mengungkapkan dengan dilakukan uji coba new normal di pekan Mingguan Sianjo Anjo, kawasan pekan juga terlihat tertib bahwa jalan lintas juga bebas dari kemacetan.

"Kita harapkan kegiatan ini bisa berkesinambungan minimal satu bulan sehingga tercipta kesadaran bersama untuk hidup tertib dan teratur," ungkapnya.(Jamaluddin)
Komentar

Tampilkan

Terkini