-->

Iklan

Tanpa Dukungan Masyarakat, Tidak Mungkin Pemerintah Mampu Menekan Penyebaran COVID-19

Saturday, April 11, 2020, Saturday, April 11, 2020 WIB Last Updated 2020-04-11T01:56:35Z
PPWINEWS.COM - Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah Indonesia dalam menekan penularan virus Corona (COVID-19) yang saat ini dinyatakan sebagai pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Upaya tersebut, tentunya akan berjalan dengan baik apabila didukung sepenuhnya oleh masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kedisiplinan diri dalam mamatuhi kebijakan pemerintah tentang protokol kesehatan, terutama ketika masyarakat sedang berjualan ataupun sedang berbelanja di pasar.

Apalagi sejauh yang kita ketahui bersama, bahwa dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 Pemerintah juga tidak tinggal diam, sebaliknya terus berupaya semaksimal mungkin agar COVID-19 bisa hilang dibumi pertiwi ini.

Hal itu terlihat dengan adanya penyediaan alat kesehatan hingga fasilitas isolasi dan perawatan pasien khusus selama masa tanggap darurat. Disamping itu, pemerintah juga melakukan upaya pencegahan diantaranya melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada fasilitas umum termasuk terhadap rumah - rumah masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga ikut memberikan pemahaman dengan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahayanya Covid-19, menyebarkan selebaran dan himbauan lainnya termasuk mengajak masyarakat untuk menghindari keramaian, menjaga jarak, tidak membuat acara yang mengundang banyak orang termasuk dan lebih baik berdiam diri dirumah apabila tidak ada keperluan mendesak.

"Tak hanya itu, pemerintah juga mendirikan posko- posko pencegahan COVID-19 dari tingkat hingga ke tingkat Desa," kata Anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Nasional, Jamaluddin dalam menyikapi pandemi COVID-19 dalam rilisnya kepada Wartawan, Jumat (10/4/2020).

Dikatakananya, salah satu kunci suskses dalam hal penanganan virus corona (COVID-19) di Indonesia adalah dukungan dari masyarakat Indonesia itu sendiri dalam mematuhi kebijakan pemerintah terkait imbauan protokol kesehatan.

Menurutnya, ada beberpa hal yang dapat mempercepat penyebaran vorus corona (COVID-19) di Indonesia yaitu upaya pencegahan dan keramaian. "Jika upaya pencegahan dari masyarakat dan pemerintah rendah, ditambah dengan kegiatan keramaian tentunya potensi penyebaran COVID-19 akan semakin cepat," ungkapnya.

Sebaliknya, kata Jamal, apabila upaya pencegahan yang dilakukan masyarakat dan pemerintah tinggi dan kegiatan keramaian dapat ditekan sekecil mungkin, maka potensi penyebaran virus corona akan jauh menurun. "Tidak tertutup kemungkinan COVID-19 akan hilang dari Indonesia," jelasnya.

Untuk itu, sebagai seorang penulis, Jamal juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama - sama menjaga diri dan keluarga serta mematuhi setiap kebijakan pemerintah salah satunya terkait protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan penanganan virus corona (COVID-19).

"Sudah saatnya kita menjaga diri Kita dan keluarga dengan tetap memohon kepada Allah SWT agar kita dan negara kita dapat dijauhkan dari segala penyakit termasuk penyakit virus corona atau (COVID-19)," sebutnya. (**)
Komentar

Tampilkan

Terkini