Desa Jati Bali Ditetapkan Sebagai Lokasi Wisata Atau Miniaturnya Pulau Bali

REDAKSI author photo
PPWINEWS.COM, KONSEL -  Kita tetapkan Desa ini sebagai lokasi wisata baru atau miniaturnya Pulau Bali, sehingga orang tidak usah ke sana untuk liburan, cukup ketempat ini saja, tentu biayanya lebih murah dan mudah dijangkau, yang berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan warga Desa, hal itu disampaikan Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga saat meghadiri HUT Desa Jati Bali yang ke 51 pada kamis malam 21 November 2019 di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jum'at (22/11/2019).

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, akan di selenggarakan acara festival kebudayaan tahunan, yang juga sebagai wujud pelestarian kebudayaan dengan rangkaian acara semenarik mungkin, dengan target awal dimulai dari masyarakat Bali itu sendiri.

"Nanti kita buat kalender festival budaya tahunan, dengan mengundang seluruh warga Bali se-Sultra untuk berpartisipasi langsung memeriahkan acara, sekaligus telah bertindak sebagai wisatawan lokal, sehingga Desa ini memiliki daya ungkit yang dapat membantu perekonomian," bebernya.

Dikatakannya pula bahwa Desa Jati Bali telah ditetapkan sebagai Desa Adat karena memiliki ciri khas menonjol yang dapat dikembangkan dari sisi kebudayaan, sehingga bakal menjadikan Desa ini sebagai tujuan destinasi wisata ala Pulau Bali yang dapat menarik para wisatawan, sekaligus sebagai contoh bagi Desa lain dalam memanfaatkan unggulannya untuk peningkatan taraf hidup masyarakatnya.

Untuk itu, ucapnya, saya minta masyarakat Jati Bali menjaga keaslian budayanya dan membuat kegiatan rutin lainnya, diantaranya membuka sanggar Seni Tari, agar dapat menjadi penguat dan daya tarik bagi wisatawan serta menjadikan lokasi ini sebagai tempat belajar seni dan membuat mereka kembali berkunjung.

Selain sektor pariwasata, Surunuddin juga mengingatkan warga Jati Bali agar melakukan inovasi dibidang pertanian, dengan bercocok tanam tanpa bergantung kondisi alam serta menjadikan lahan kosong berproduktif, serta melarang menjual aset lahan warga desa kepihak lain.

Untuk mengembangkan kepariwisataan di kawasan ini, kita akan terus tingkatkan fasilitas penunjang lainnya, seperti Balai, Rumah Ibadah, sarana kesehatan dan akses Jalannya.

"Saya berjanji, jika masih diamanahkan pada periode berikutnya, akan memaksimalkan daerah ini dibidang kepariwisataan dengan mengembangkan sarana infrastruktur penunjang lainnya, tentu dengan dukungan penuh masyarakat dan pihak terkait lainnya," Imbuhnya.

Ia juga menyampaikan rasa syukur dan bangganya kepada masyarakat Desa setempat, karena dengan usia yang bertambah, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi rakyatnya meningkat signifikan.

"Jika kita bandingkan dengan daerah yang lain, taraf hidup warga Jati Bali lebih sejahtera, dibuktikan dengan kondisi perumahan yang sangat layak dan telah melahirkan sarjana berbagai tingkatan hingga profesor dari berbagai disiplin ilmu," tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Surunuddin menyampaikan selamat memperingati hari jadi Desa Jati Bali ke - 51, yang di harapkan dapat menjadi introspeksi dan evaluasi bagi Pemerintahan Desa bersama masyarakatnya dengan menjadikan pembelajaran pada tahun sebelumnya dan menetapkan langkah menyongsong masa depan yang lebih baik.

Peringatan hari jadi ini, diharapkan masyarakat bersyukur atas nikmat yang diberikan Pencipta dan memaknainya dengan menjadikan pengalaman, inspirasi, motivasi untuk bekerja lebih produktif lagi demi masa depan yang lebih cerah dalam bingkai semangat persatuan dan kebersamaan. "Selamat hari jadi Desa Jati Bali, sukses selalu masyarakatnya dan semoga senantiasa diberikan kesehatan, kemudahan mencari rezeki serta selalu dilindungi oleh yang maha kuasa," pungkas Surunuddin.

Sementara itu hampir senada, Pj Kades Jati Bali, I Made Asnawa dan Ketua Panitia Perayaan Hari Lahir Desa, Made Kusumayasa menyampaikan terima kasih atas perhatian lebih Bupati Konsel terhadap berbagai pembangunan di Desanya, hingga menjadi lebih maju dan di kenal hingga tingkat nasional.

"Atas nama masyarakat, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bupati dalam memajukan Desa ini, seperti pengaspalan jalan, perbaikan rumah ibadah dan infratruktur lainnya serta penetapan sebagai Desa Adat, yang tentu berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi maupun dibidang sosial kemasyarakatan," tambah Made.

Untuk diketahui, menyemarakkan hari kelahiran Desa Jati Bali, Pemerintah Desa menggelar berbagai Lomba Seni dan Olahraga diantaranya, Sepak Bola, Bola Volly, Senam Lulo dan Tari Kreasi, serta Lomba Mewarnai, Cerdas Cermat dan sebagainya.

Turut mendampingi Bupati, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel, Ketua PHDI Konsel, I Gusti Adi Suwantara, Camat Ranomeeto Barat, Sahrir Anjaya, Kabag Humas Setda, Gunawan Syah, dan dihadiri unsur forkopimda. (Hasan.B)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini