Secara Beruntun Pemda Konsel Raih WTP Untuk Yang Ketiga Kalinya

REDAKSI author photo

PPWINEWS.COM, SULTRA - Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Tahun 2018 yang sesuai dengan standar akuntansi Pemerintah.

Raihan tersebut disampaikan pada penyerahan Piagam dan Plakat WTP dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, yang diserahkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Sultra, Arif Wibawa dan diterima oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga. Senin (28/10/2019).

Kegiatan penyerahan di laksanakan di Auditorium Kantor Bupati Lantai 3 di Andoolo, yang juga dihadiri Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Sekkab, H. Sjarif Sajang, dan Wakil Ketua II DPRD Konsel, Senawan Silondae serta para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Kakanwil Ditjen Perbendaharan Sultra, Arif Wibawa, usai penyerahan menyampaikan selamat kepada Pemda Konsel atas prestasinya meraih opini WTP, karena telah mengelola keuangan dengan baik, transparan dan akuntabel.

"Mewakili Menkeu RI, Sri Mulyani, kami menyampaikan selamat dan penghargaan kepada Bupati dan jajaran Pemkab Konsel atas raihan WTP ini yang ketiga kalinya sejak tahun 2016," ujar Arif Wibawa.

Konsel berhak di ganjar WTP, tambahnya, karena memenuhi kriteria yang ditetapkan yakni, kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas pengendalian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan.

"Semoga capaian ini dapat dipertahankan oleh jajaran Pemkab Konsel di tahun-tahun mendatang dan dapat memberikan sumbangsih positif bagi masyarakat luas," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga menyampaikan rasa syukurnya sekaligus berterimakasih atas raihan prestasi kali ini yang diberikan oleh Menkeu RI melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra.

"Patut di syukuri kita kembali mendapatkan opini WTP, yang juga suatu kebanggaan bagi kita semua karena sejak berdirinya Konsel 16 tahun lalu baru kali ini meraih WTP 3 kali secara beruntun mulai Tahun 2016 hingga 2019, tentu kepercayaan dan kinerja akan terus kita pertahankan dan tingkatkan kualitasnya," tandas Surunuddin.

Untuk diketahui, karena telah 3 kali berturut-turut meraih opini WTP, Pemkab Konsel mendapatkan kucuran Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 31 Milyar dari Kemenkeu RI. (Hasan.B)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini