Bupati Konsel Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91

REDAKSI author photo
PPWINEWS.COM, SULTRA - Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe  Selatan menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke - 91 yang jatuh hari ini, Senin, 28 Oktober 2019 bertempat di Pelataran Rujab Bupati Konsel di Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin (28/10/2019).

Upacara di pimpin langsung Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM, yang di hadiri Wakil Bupati, Dr. H. Arsalim Arifin, SE.,M.Si dan Sekretaris Daerah, Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si.

Bupati dikesempatan tersebut membacakan Teks Pancasila yang diikuti peserta upacara yang terdiri dari para pimpinan OPD beserta staf dan siswa/i tingkat SD, SMP dan SMA.

Dan dalam arahannya, membacakan sambutan Menpora RI, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada tokoh Pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan Kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Dimana, sambungnya, HSP ke-91 kali ini mengambil tema " Bersatu Kita Maju", yang diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

"Tema ini juga sesungguhnya diperuntukkan seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi suatu keharusan, karena ditangan pemudalah indonesia bisa lebih maju," ujarnya.

Olehnya itu, jelas Surunuddin, pemuda indonesia untuk maju adalah yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreatifitas tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Ia juga mengatakan, kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan yang lebih baik.

Wahai pemuda indonesia, imbuhnya, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad, dan cita-cita pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia".

"Selamat HSP ke-91, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jada para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan serta selalu dalam Lindungan Sang Pencipta," tutup Surunuddin.

Untuk diketahui, 7 orang Pengibar bendera (Paskibra) berasal dari Siswa/i SMAN 4 Konsel Kelas XI dan XII, dengan pembawa baki, Nurhikmah Awaliya, penarik bendera, Asepto Graha, pengikat, Irsan, dan pembentang bendera, Ahmad Dani Faliansyah, di kawal Nita Apriani, Syamsinar dan Ririn Sri Wulandari.

Dan di sela-sela upacara HSP, peserta dari SMPN 23 Konsel menyanyikan lagu Kebangsaan, diantaranya, Satu Nusa Satu Bangsa, Bangun Pemuda dan Pemudi dan Bagimu Negeri. (Hasan.B)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini