TMMD ke 105 Kodim 0109 Aceh Singkil Resmi Dibuka, Ini Harapan Wabup Sazali

REDAKSI author photo

PPWI, ACEH SINGKIL - Wakil Bupati (Wabup) Aceh Singkil, H.Sazali menjadi Inspektur Upacara (Irup) pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Kodim 0109 Aceh Singkil, Rabu (10/7/2019).

Upacara pembukaan TMMD berlangsung di Lapangan Mariam Sipoli, Desa Rimo, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, dengan dihadiri oleh Danrem 012/TU Kolonel Inf Aswardi,S.E, Kasi Ter Korem 012/TU Letkol Inf Adhe Hansen, Dandim 0109/Singkil Letkol Inf Syaifudin S.Ag, dan Kapenrem 012/TU Mayor Inf T. M. Khair, Wadanyon 115/ML Kapten Inf Refaldi, Para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0109/Aceh Singkil, Ketua dan pengurus Persit Kodim 0109/Aceh Singkil.

Kemudian para Forkopimda Aceh Singkil, perwakilan Polres Aceh Singkil, Ketua Pengadilan Aceh Singkil, Kajari Aceh Singkil di Wakili, para SKPK Aceh Singkil, Perwakilan Posal Aceh Singkil, FKPPI Kab. Aceh Singkil, Para Pemimpin Perusahaan Perkebunan Aceh Singkil, dan Para Kepala Desa Wilayah yang terkena dalam TMMD ke 105 Kodim 0109/Aceh Singkil.

Seperti diketahui, TMMD ke 105 Kodim 0109/Aceh Singkil akan dilaksanakan di Desa Gunung Lagan dan Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Dilaksanakan dari tanggal 10 Juli hingga satu bulan ke depan dengan beberapa agenda kegiatan.

Mulai dari pembangunan fisik yakni pembukaan dan perkerasan badan jalan sepanjang 2.580 meter, pembuatan dua unit jembatan, pembuatan tiga unit Gorong-gorong dan Pembuatan Talud sepanjang 65 meter. Kemudian kegiatan non fisik seperti penyuluhan Bela Negara, kesehatan, narkoba dan penyuluhan pertanian.

Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali menyampaikan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dilaksanakan dalam rangka memberikan kesejahteraan dan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat di pedesaan.

"Saya yakin dalam kebersamaan dan gotong royong yang terus kita kembangkan, banyak kemudahan yang kita dapatkan untuk mengatasi persoalan yang sedang kita hadapi saat ini maupun di masa depan. bersama terus kita torehkan karya yang punya nilai kebaikan dan membahagiakan terutama yang ada manfaatnya bagi masyarakat," ujar Wabup Sazali.

TMMD kata Wabup, telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. "Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dan lain sebagainya," sebutnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan, sebagaimana TMMD membangun jalan dan jembatan secara bersama – sama yang sangat membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya.

Kemudian Lanjutnya, membangun jambanisasi, ataupun sanitasi yang berguna untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat. belum lagi upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan.

"Ini luar biasa di tengah upaya kita mengatasi persoalan kemiskinan di Aceh Singkil yang angkanya masih cukup tinggi," ujar Sajali.

Tidak ketinggalan upayanya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba. Hal ini tentunya sangat penting dan strategis ditengah berbagai persoalan kebangsaan kita dewasa ini.

"TMMD bukan semata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat desa. Tetapi, dalam TMMD juga ikut membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi," ujar Wabup seraya berharap seluruh pihak dapat mensukseskan kegiatan TMMD ke 105 Kodim 0109/Aceh Singkil.

Ia juga berharap, para camat, Kepala Desa dan seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan penuh dan menyambut baik kegiatan TMMD ke 105 Kodim 0109/Aceh Singkil. Sebab, pihaknya menginginkan agar rakyat semakin sejahtera dan mandiri. Disamping itu, pihaknya juga menginginkan agar rakyat mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa.

"Kalau rakyat ditanya, tentu mereka juga menginginkan kehidupan yang sejahtera. saya juga yakin mereka juga ingin memberi banyak kontribusi bagi negeri. itulah satu keinginan dan satu tujuan yang harus diintegrasikan dalam satu langkah nyata untuk membangun desa, agar kehidupan rakyatnya makin baik, layak, sehat dan sejahtera lahir maupun batin," kata Sazali.

Untuk Ia mengajak kepada semua pihak agar bersama-sama mensukseskan program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat Desa melalui kegiatan TMMD tahun 2019.

"Bangun Desa dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. desanya maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakat semakin baik dan sumber daya masyarakatnya makin berkualitas. sekali lagi ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD. saatnya kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada bangsa, negara dan daerah tercinta ini," harapnya. (Jml/Red)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini