Sumur Elor Membawa Berkah Bagi Masyarakat

REDAKSI author photo
PPWI, PANDEGLANG - Sumur Elor atau yang dikenal dengan sumur tujuh di Kampung Tongkol, Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten membawa berkah bagi masyarakat.

"Sumur Elor merupakan sumber mata Air alami, dan saat memasuki musim kemarau Air disumur Elor inj tetap ada walau volume atau debit airnya kecil," kata Tokoh Masyarakat Kampung Tongkol, Ustad Endin kepada PPWInews.com, Minggu (30/6) di Pandeglang.

Sumur Elor lanjutnya, juga termasuk sumur utama yang digunkana masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari -hari seperti mencuci, mandi dan air minum.

"Sumur elor juga memiliki sejarah yang unik, karena bukan sengaja dibuat tapi memang sudah ada sejak dari dulu," ujar Endin.

Lanjutnya, Sumur elor atau sumur tujuh juga memiliki sumber air yang bersih dan aman untuk dikonsumsi. Apalagi, pada saat musim kemarau panjang, sumur elor ini menjadi satu satunya solusi masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

Saat musim kemarau atau bahasa masyarakat kampung Tongkolnya Halodo (Bahasa Sunda) masyarakat setempat beramai-ramai mendatangi Sumur Elor dengan maksud mengambil air untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka hingga malam hari.

Dikatakannya, masyarakat yang mengambil air pada malam hari di Sumur Elor selain membawa ember dan Drigen, masyarakat juga ikut membawa alat penerangan seadanya seperti Senter, Obor Bralak (Daun Pisang kering), Obor terbuat dari Bambu. 

Sumur Elor atau Sumur Tujuh terswbut disamping memiliki nilai Historis tersendiri juga merupakan solusi air satu satunya bagi masyarakat sekitar Kampung Tongkol ketika memasuki musim kemarau panjang, apalagi di Daerah tersebut belum ada terbangun PDAM.

"Kami berharap agar Bupati Pandeglang melalui instansi terkait lainnya bisa turun ke bawah untuk dapat mengantisipasi atau menanggulangi kekurangan air di Wilayah Kampung Tongkol Desa Idaman," harapnya. (Mr.ono)
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini