-->

Iklan

Menikmati Pesona Danau Tona Sembari Menikmati Sungguhan Musik Kelas Dunia dari Bukit Singgolam

Sunday, June 16, 2019, Sunday, June 16, 2019 WIB Last Updated 2019-06-17T12:03:43Z

PPWINEWS.COM, TOBA SAMOSIR - Para pengunjung menikmati panorama Danau Toba sambil mendengar nada-nada musik yang dimainkan oleh kelompok musik tradisi dari beberapa negara pada acara Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) di Bukit Singgolom, Jalan Sei Ambat Dalan, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu 15 Juni 2019.

Tidak hanya itu, para pengunjung yang datang ke lokasi tersebut juga menikmati dan mengabadikan berbagai keindahan alam Danau Toba dari atas bukit Singgolom.Terlebih, pada saat sunset tiba, maka para pengunjung tentunya akan semakin terpesona.

Sehingga sangat tepat, apabila Bukit Singgolom dimanfaatkan sebagai lokasi wisata pangelaran pertunjukan atau pesta rakyat, seperti Musik, Tor-Tor atau Tradisional Dance.

Disamping itu, bukit Singgolom juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pameran hasil karya anak bangsa, seperti ukir ukuran, Karya Textil maupun hasil kuliner Batak. Disamping itu, akan menampilkan world music (Djaduk Ferianto), budaya Sorkam, Komunitas kreatif (Unp-padang), Daniel Cabrera Duo (Mexico), Suarasama (Indonesia) dan juga cross ethics atau penampilan budaya antar suku.

Dengan adanya kegiatan tersebut, tentunya mata kita akan termanjakan dan terpesona  dengan keindahan alam bukit Singgolom yang sangat menjanjikan pesona alam dari Dolok Tolong yang penuh dengan cerita misteri, sawah yang menghampar luas di atas lbu Kota Toba Samosir dan Balige.

Kemudian, pemandangan ke wilayah barat dari pantai Danau Toba yang terhampar luas yang ikut memamerkan keindahan dan pesonanya bagaikan anak perawan yang cantik mulus menampakkan diri yang membuat pemandangannya memandang tidak berkedip. Itulah sekilas bukit Singgolom yang menjanjikan pesona alam di wilayah Kecamatan Tampahan, yang dulunya merupakan bahagian dari kecamatan Balige.

Berkenaan dengan acara Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) di Bukit Singgolom, dimulai pada 14 Juni 2019 yang ikut dihadiri masyarakat, para peserta dari dalam dan luar negeri seperti China (xiaxin Ciao).

Pada acara tersebu juga dihari dari berbagai instansi pemerintah Kabupaten Toba Samosir termasuk Bupati dan Wakil Bupati, Ir Darwin Siagian dan Hulman Sitorus.

Sebelum acara dimulai, dilokasi tersebut sempat terjadi insiden kecil diluar perhitungan dari panitia kegiatan, yaitu rubuhnya panggung hiburan atau tempat pertunjukan musik yang diakibatkan oleh tiupan angin kencang sehingga membuat kegiatan tertunda beberapa saat.

Usai dilakukan perbaikan, acara tersebut langsung diresmikan oleh Bupati Tobasa yang ikut dihibur dengan penampilkan musik tradisional TOBA berkolaborasi dengan kelompok musik lain yang tampil pada saat itu. Tidak ketinggalan Bupati Tobasa, Ir.Darwin Siagian juga tampil dengan kepiawaiannya bermain seruling, sehingga menambah maraknya suasana saat itu.

Bukit Singgolom selain memiliki lapangan yang luas juga sebagai tempat yang tinggi, dimana permukaan air danau Toba berada ratusan meter di bawah bukit Singgolom. Di tempat ini juga semoat dikunjungi oleh Ketua Umum PPWI Nasional, Wilson Lalengka pada saat acara pengukuhan kepengurusan PPWI Tobasa 2017.

Ditemui disela - sela acara, Bupati Toba Samosir, Ir.Darwin Siagian menjelaskan terkait insiden rubuhnya panggung acara bukanlah semata-mata akibat kesalahan teknis yang dilakukan pihak panitia. Akan tetapi kejadian diluar dugaan diakibatkan faktor cuaca.

"Angin tiba-tiba berhembus kencang sehingga membuat panggung acara sempat rubuh. Jadi jangan dihubungkan dengan hal-hal yang bersifat misteri dan kita juga akan mengagendakan kegiatan ini setiap tahunnya," ujar Bupati. (Ah)
Komentar

Tampilkan

Terkini