-->

UNBK di Madrasah Aliyah Ikhlas Jawilan Berlangsung Lancar

REDAKSI author photo


PPWINEWS.COM,JAWILAN - Madrasah Aliyah (MA) Ikhlas Jawilan selenggarakan 
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Laboratorium Komputer MA Ikhlas Jawilan yang beralamat di Jalan Raya Cikande-Rangkasbitung Km 10, Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Banten. 

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
tersebut berjalan lancar Hal itu didukung kondisi jaringan listrik dan internet yang tidak mengalami gangguan.

"Alhamdulillah, UNBK hari pertama dan kedua berjalan lancar," kata Kepala MA Ikhlas Jawilan Kabupaten Serang Cecep Aijidin, SE.MM di Jawilan , Selasa (2/4/2019).

Dikesempatan yang sama, Proktor Utama UNBK, Aep Supriyadi,S.Pd menjelaskan pelaksanaan UNBK tersebut termasuk kali ke 2 yang diselenggarakan di MA Ikhlas Jawilan, yang sebelumnya pernah diselenggarakan pada tahun 2018 lalu.

Menurutnya, pada UNBK tahun ini diikuti oleh 45 siswa dari dua program studi, yaitu, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

"Jumlah ini meningkat dibanding tahun kemarin yang hanya 43 peserta. Untuk sarana, total laptop yang digunakan sebanyak 23 client dengan cadangan 1 unit, dan untuk server menggunakan 2 server dan cadangan 1 unit yang di bagi dalam 2 sesi, sesi pertama diikuti oleh 23 siswa dimulai dari pukul 07.30-09.30 WIB, dilanjutkan sesi Kedua diikuti oleh 22 siswa dimulai dari pukul 10.30-12.30 WIB," jelasnya.

Ditambahkannya, untuk antisipasi pemadaman listrik pada saat pelaksanaan UNBK, pihaknya telah mempersiapkan beberapa hal diantaranya telah berkoordinasi dengan pihak Perseroan Listrik Negara (PLN).

"Untuk antisipasi pemadaman listrik, pihak sekolah telah berkoordinasi dengan pihak PLN, agar selama ujian tidak ada pemadaman listrik dan untuk mengamankan server pihaknya telah melengkapi dengan Uninterruptible Power Supply  (UPS) dan juga genset walau pun belum memadai," pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Cecep Aijidin, SE.MM selaku Kepala Madrasah yang sekaligus penanggung jawab kegiatan UNBK di MA Ikhlas Jawilan.

"Untuk persiapan khusus sudah pasti ada, mulai dari simulasi dan gladi bersih sampai pemantapan penggunaan komputer. Para siswa sudah mampu mengoperasikan komputer sehingga tidak kesulitan dalam pelaksankan UNBK, selain itu pihak madrasah telah mempersiapkan tenaga teknis dengan melakukan sinkronisasi server pusat dan pengecekan komputer," sebutnya.


UNBK ini lanjutnya, juga dijadikan sebagai tolok ukur sampai mana dan sejauh mana kemampuan dari siswa, karena UNBK ini merupakan nilai real dari siswa. 

"Mudah-mudahan siswa-siswi ini bisa bersaing terutama dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) karena SDM dikita masih kurang dan kedepannya bisa menjadi lebih baik," harapnya.

Terpisah, perwakilan peserta UNBK, Muhamad Fakih dan Sunaeni menyambut baik pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Dikarenakan dapat mempersingkat waktu dan lebih efektif dalam pengisian soal. 

"Dengan pelaksanaan Berbasis Komputer ini siswa menjadi lebih tenang sehingga dalam pelaksanaannya ujian ini jadi lebih kondusif," sebutnya. [Ono/Hrs].
Komentar Anda

Berita Terkini