Serda Agustian Hadiri Sosialisasi MR Tingkat Kecamatan Suro

REDAKSI

PPWI, ACEH SINGKIL - Serda Agustian, Babinsa Posramil Suro Koramil 04/Simpang Kanan Serda Agustian menghadiri Sosialisasi Imunisasi Measles dan Rubella (MR) bagi tenaga pendidik di Aula Kantor Kecamatan Suro, Aceh Singkil. Rabu, (6/6/2018). Bertindak sebagai pemateri yaitu, Kasi Imunisasi Dinkes Singkil Rini Afrianti, SKM.

Dalam pemaparan Materinya, Kasi Imunisasi Dinkes Singkil Rini Afrianti,SKM menyampaikan bahwa Imunisasi MR bertujuan melindungi anak-anak kita dari sakit campak dan rubela yang dapat menyebabkan cacat bahkan kematian.

Rini Afrianti, SKM  menambahkan bahwa Rubella atau campak Jerman adalah infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit, rubella umumnya menyerang anak-anak dan remaja.

“Rubella berbeda dengan campak, penyakit ini biasanya lebih ringan dibandingkan dengan campak tetapi jika menyerang wanita yang sedang hamil, terutama sebelum usia kehamilan lima bulan, rubella berpotensi tinggi untuk menyebabkan sindrom rubella kongenital atau bahkan kematian bayi dalam kandungan,” terangnya.

Perbedaan penyakit Campak dan Rubella adalah Penyakit Campak ( measles) menyebabkan Radang paru ( pneumonia), Radang otak( ensefalitis), kebutaan, diare dan gizi buruk sedangkan Penyakit Rubella menyebabkan kelainan jantung, kelainan mata ( katarak kongenital), Tuli, keterlambatan perkembangan dan kerusakan jaringan pada otak.

menurut Rini, sebagai langkah Pencegahan Rubella yang paling efektif adalah dengan vaksinasi, terutama bagi wanita yang berencana untuk hamil. Sekitar 90 persen orang yang menerima vaksin ini akan terhindar dari rubella. Sejak adanya program vaksinasi, jumlah kasus rubella yang tercatat secara global berkurang secara signifikan.

Selain vaksin, mencegah penularan dan penyebaran rubella juga penting cara-caranya meliputi hindari kontak dengan penderita sebisa mungkin, khususnya untuk ibu hamil yang belum menerima vaksin MMR dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, pindahkan penderita ke ruangan terpisah yang jauh dari anggota keluarga, menjaga kebersihan diri misalnya selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah bepergian, atau jika terjadi kontak dengan penderita, ucap Rini.

Dikesempatan itu, Serda Agustian mengharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini masyarakat menjadi lebih tahu akan bahaya virus MR tersebut. Ia menambahakan, untuk mencegah agar kita tidak terkena virus MR tersebut kita harus rajin menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga dan lingkungan di sekitar kita serta mengikuti imunisasi MR yang diadakan oleh pemerintah yang dalam hal ini ditangani oleh Dinas Kesehatan setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 70 orang diantaranya Camat Suro, Kepala Puskesmas Suro, Tim dari Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Kepala Mukim Suro, Babinsa dan para guru se Kecamatan Suro.  [rel]
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini