Kodim 0109/Singkil Gelar Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba

REDAKSI

PPWI,ACEH SINGKIL – Kodim 0109/Singkil menggelar sosialisasi tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Tes Urin kepada kalangan Prajurit, di Aula Makodim 0109/Singkil, Senin (2/7/2018).
Sosialisasi dibuka oleh Dandim 0109/Singkil Letkol Inf Syaifudin,S.Ag yang diwakili oleh Kasdim 0109/Singkil Mayor Inf G.Armogan. Kegiatan sosialisasi yang pemateri diisi oleh AKP Adriamus beserta 10 orang personil dari Mapolres Aceh Singkil diikuti oleh Para Perwira Staf, Danramil, serta Bintara dan Tamtama jajaran Kodim 0109/Singkil,

Dandim 0109/Singkil Letkol Inf Syaifudin,S.Ag yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf G.Armogan dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi tentang pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dilaksanakan mengingat pada saat ini di Indonesia sudah termasuk dalam kategori darurat narkoba,  sehingga pemerintah sudah menyatakan perang terhadap masalah narkoba ini.


Kasdim menjelaskan kegiatan sosialisasi P4GN ini merupakan satu upaya yang dilakukan satuan dengan tujuan  untuk mencegah anggota agar tidak terlibat langsung maupun tidak langsung terhadap penyalahgunaan Narkoba.

“Meskipun pada saat mendaftar sudah ada tes yang harus dilewati dengan hasil tidak mengkonsumsi Narkoba, Namun saat ini dirasa perlu diingatkan kembali sebagai pengetahuan kepada seluruh angggota.  kegiatan ini dilanjutkan dengan pemeriksaan Tes Urin untuk semua anggota Kodim, ” tambah Kasi Intel Kapten Inf Bambang".

Dalam sosialisasi tersebut, para tenaga penyuluh narkoba dalam materinya ikut memaparkan tentang bahaya narkoba. selanjutnya tim menyampaikan bahwa bahaya narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan.

Menurut para pemateri, narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya, istilah narkoba ini sangat berkaitan dengan senyawa yang memberi efek kecanduan bagi para penggunanya. Bahaya narkoba tidak hanya berpengaruh pada fisik saja tetapi bisa mengganggu mental atau jiwa pecandu narkoba tersebut.

Sebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi persepsi tersebut disalah artikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan. Apabila disalah gunakan, bahaya narkoba dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf. Dari ketergantungan inilah bahaya narkoba akan mempengaruhi fisik, psikologis, maupun lingkungan sosial. [rel]
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini