-->

Dewan Pers Sebut Peserta UKW Tak Harus dari Perusahaan Pers Yang Sudah Verifikasi

REDAKSI author photo
PPWINEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pendidikan Dewan Pers, Hendry CH Bangun menegaskan calon peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tidak di haruskan dari perusahaan pers yang sudah diverifikasi atau tayang di website resmi Dewan Pers.

"Peserta uji tidak perlu bekerja pada perusahaan pers yang sudah terverifikasi di Dewan Pers. Yang penting perusahaan persnya sudah berbadan hukum dan harus bekerja aktif sebagai wartawan", ucap Hendry saat menjawab peserta dalam Sosialisasi peraturan Dewan Pers tentang standar kompetensi wartawan di Hall Dewan Pers,  Kebon Sirih Jakarta Pusat, Selasa (27/03/18).

Menurutnya, Dewan Pers memberi lisensi kepada empat lembaga uji yakni Organisasi Wartawan, Media, Lembaga Pelatihan, dan Perguruan Tinggi. Dengan persyaratan dan ketentuan dari Dewan Pers. "Saat ini ada 27 Lembaga Uji Kompetensi Wartawan meski hanya sedikit yang aktif melakukan UKW", sebutnya.

Dijelaakannya, bahwa tujuan Standar Kompetensi Wartawan diantaranya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas Pewarta, Wartawan dapat menghasilkan karya jurnalistik yang merupakan karya intelektual, Sistem evaluasi kinerja oleh perusahaan pers.

Kemudian, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan dan menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik. [Red]
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini