Begini Imbauan Polres Aceh Singkil Usai Kejadian Longsor dan Pohon Tumbang di Lintas Aceh - Sumut

PPWI, SUBULUSSALAM - Longsor dan pohon tumbang di jalan Lintas Aceh Sumut atau tepatnya di Desa Jontor arah Kedabuhan Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam, Provinsi Aceh pada Minggu Sore 18 Maret 2018 sempat membuat kemacetan panjang.

Bahkan Personel TNI, Polri bersama BPBD, DPU dan masyarakat di Kota Subulusalam langsung turun kelokasi untuk melakukan pembersihan dan evakuasi pohon tumbang ini. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kapolres Aceh Singkil melalui Kasat Lantas AKP Syukrif, mengatakan, pihaknya bersama TNI dan BPBD dan DPU Kota Subulussalam serta masyarakat membersihkan lokasi longsor tersebut.

"Akibat longsor dan tumbang nya pohon ikut menutupi badan jalan sehingga pohon ikut bertumbangan kebadan jalan, tidak ada korban jiwa atas insiden ini," katanya.

Dijelaskannya, untuk Longsor dan pohon yang tumbang telah berhasil di evakuasi, tidak ada korban jiwa dan saat ini kendaraan sudah mulai berangsur angsur bergerak ke arah Subussalam - Medan dan begitu juga sebaliknya.

Menurutnya, longsor dan tumbangnya ratusan pohon ini dikarenakan hujan lebat sehingga mengakibatkan tanah dan pohon besar tumbang ditengah jalan didesa Kedabuhan sampai dengan kawasan PT. Laut Bangko yang terjadi pada Minggu 18 Maret 2018 sekitar pukul 18.30 wib.

"Longsor  dan Pohon yang tumbang kebadan jalan baru berhasil dievakuasi atau dibersihkan sekitar pukul 06.00 Wib, pagi tadi," kata AKP Syukrif. Senin (19/3/2018).

Untuk sementara, Jalur Subussalam-Medan kami tutup total, sementara antisipasi terjebak ditengah kemacetan dan longsor susulan (kalau sudah terjebak macet ditengah jalan susah cari makan minum dan Buang airnya). 

"Untuk Medan-Subussalam Kami prioritaskan sistem buka tutup," ungkapnya.

Sambungnya, situasi Kamseltibcarlantas di wilayah Kedabuhan, Cepu, dan Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subussalam, arus lalin sudah lancar, namun langit mulai mendung kembali.

"Kami juga sudah Stanbaykan anggota untuk tetap patroli kembali ke tempat - tempat yang rawan longsor. Alhamdulillah untuk arus Lalin sudah normal kembali sejak pukul 13.00 Wib siang tadi, perkembangan situasi akan kami laporkan kembali," sebut Kasat Lantas.

Dikesempatan ini, Kasat  Lantas juga menghimbau kepada pengguna jalan agar jangan terlalu egois. "Utamakan keselamatan, silahkan ikut antrian kendaraan jangan saling menyalip agar arus Lalin tetap lancar," harapnya.

Sekiranya masih macet lanjutnya, para pengguna jalan agar berhenti di tempat tempat yg aman (jauh dari potensi longsor) dan ada penduduknya sehingga mudah untul beristrahat makan minum dan buanga air).

"Hati-Hati dijalan, Selamat sampai Tujuan, Stop pelanggaran, Stop kecelakaan demi keselamatan untuk kemanusiaan," pungkasnya. [Jml/Red]

Baca Juga

Aceh Singkil|Polri|
View Comments

Komentar

Berita Menarik Lainnya


PPWI NEWS - NETWORK

Support by: PPWI

Ikuti Berita Terbaru