-->

Babinsa Siatas, Ajak Warga Binaan Gemar Membaca

REDAKSI author photo
PPWI, ACEH SINGKIL - Salah satu peran TNI adalah memberikan bantuan dalam wujud nyata guna meningkat kan Sumber daya manusia (SDM) masyarakat, dan kegiatan tersebut sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab moral bagi anggota TNI.

Tanggung jawab tersebut berada di pundak Babinsa yang selalu berhubungan dengan masyarakat dan sebagai pelaksana satuan komando kewilayahan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial.

Disamping itu juga sebagai sarana untuk menjalin kedekatan antara TNI dengan masyarakat yang sangat memerlukan uluran tangan, sehingga masyarakat akan semakin merasakan peran TNI dalam mengatasi berbagai kesulitan yang terjadi di masyarakat.

Salah satu tantangan yang di hadapkan pada Babinsa Koramil 04 /Simpang kanan adalah banyaknya anak putus sekolah serta rendahnya keinginan dari anak anak untuk gemar membaca termasuk taraf pendidikan masyarakatnya pun sangat rendah.

Ini dapat dilihat dengan hasil nilai ujian sekolah yang jauh di bawah standar daerah dan lulusan dari sekolah sekolah kecamatan simpang kanan kalah bersaing dengan daerah lain.

Kondisi tersebut membuat Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan Serda Agus mengadakan program perpustakaan keliling diwilayah binaannya di Desa Siatas, Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Rabu (21/3/2018).

Selain itu, Babinsa Koramil 04/Simpang Kanan juga selalu aktif dalam mendampingi serta mengajak anak anak serta masyarakat agar mau mendatangi perpustakaan yang ada dikampung masing masing guna menggiatkan warganya untuk belajar membaca dan menulis.

tutur  disela mengajari anak membaca di perpustakaan kampung  kecamatan simpang kanan kabupaten Aceh singkil
Demi mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya.

Sehingga, Babinsa memiliki kewajiban untuk melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) sebagai tugas rutin untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dari Babinsa tersebut dan akan lebih mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat.

"Dengan adanya Babinsa melakukan perpustakaan keliling juga mengajak masyarakat di Desa binaannya ke perpustakaan kampung secara tidak langsung Babinsa akan tahu permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.''kata Danramil 04/Simpang Kanan Kapten Inf Irwansyah.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar ketidak berdayaan sebagian masyarakat memenuhi kebutuhan pendidikan dan pengetahuan tentang kualitas sumber daya manusia merupakan  salah satu  persoalan  yang  dapat menghambat tercapainya kesejahteraan suatu komunitas dalam masyarakat.

Kegiatan Babinsa dalam mendampingi perpustakaan  secara nyata dapat mengatasi kesulitan masyarakat yang belum bisa baca tulis dan membiasakan anak untuk gemar membaca sejak usia dini sehingga dapat meningkatkan taraf kecerdasan untuk menjadi manusia yang berkualitas di masa yang akan datang. [] Rel

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini