-->

Babinsa Koramil 01/Pulau Banyak Bantu Keluarkan Hasil Panen Padi Petani Menyeberangi Lautan

REDAKSI author photo
PPWI,ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 01/Pulau Banyak Kopda Efrijal, bekerja keras membantu mengeluarkan hasil panen Padi Petani yang tergabung dalam kelompok Tani Restu Bersama Desa Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil menyeberangi Lautan. Selasa, (20/3/2018).

Sesuai intruksi dari Komando Atas Melalui Dandim 0109/Singkil, Letkol Kav Kapti Hertantyawan S.H, agar Babinsa melaksanakan kegiatan pendampingan kepada Poktan yang ada dalam wilayah binaan,untuk mendukung program pemerintah dalam kegiatan swasembada pangan Upsus Pajale.

Dalam kegiatan pendampingan kali ini anggota Poktan yang ada dalam wilayah Desa Pulau Balai harus berjuang dengan extra menyeberangi lautan menuju Desa tetangga atau Desa Teluk Nibung untuk mengolah gabah padi menjadi beras. Dikarenakan di Desa Pulau Balai belum tersedia nya mesin giling padi.

Sebagaimana diketahui,, Kelompok Tani Restu Bersama Desa Pulau Balai, merupakan salah satu kelompok tani yang mengolah Lahan Sawah seluas 25 Ha yang baru di cetak melalui program Pemerintah,
sehingga masih ada kebutuhan kekurangan alsintan yang belum terpenuhi terutama mesin penggiling Padi/RMU.

Ketua Poktan Restu Bersama Nasrudin mengatakan, pada saat dicanangkan dan di mulai nya program cetak sawah oleh pemerintah melalui Kodim 0109/Singkil, khusus nya wilayah Pulau Balai, antusias masyarakat untuk bertani Itu sangat tinggi.

"Hal ini terlihat dari banyak nya masyarakat yang ingin menjadi anggota dari kelompok tani, begitulah semangat nya masyarakat," ucap nya.

Seiring dengan berjalan nya waktu, pada panen perdana ini Anggota Poktan sudah di Hadapkan kepada sebuah kendala dan hambatan yang mana hasil panen padi kali Ini belum bisa di nikmati oleh petani Itu sendiri dikarenakan belum tersedia nya mesin Giling Padi/RMU, sehingga hasil panen padi/gabah belum bisa digiling menjadi beras.

Satu-satu nya yang  dilakukan oleh anggota Poktan agar padi bisa digiling menjadi beras dengan membawa padi/gabah hasil panen menggunakan perahu menyeberangi lautan ke Desa Teluk Nibung, Karena di Kecamatan Pulau Banyak, hanya di Desa Teluk Nibung yang dapat mengoperasikan mesin giling Padi/RMU walaupun lokasi dan rumah mesin nya masih darurat.

Dengan lokasi mesin giling Padi/RMU yang jauh dan  dipisahkan oleh pulau -  Pulau, ketua Poktan sangat berharap dinas terkait memberi solusi,membantu mengatasi kendala dan hambatan yang Dihadapi oleh Poktan Restu Bersama Ini, agar semangat dan antusias petani tidak jenuh untuk menjadi Petani.

Ketua Poktan Nasrudin kembali mengucapkan, terima kasih yang Sebesar- besar nya kepada TNI - AD Khusus Nya Kodim 0109/ Singkil,yang telah menerjun kan Personil Babinsa,yang selama ini telah memberikan pendampingan serta membantu setiap kendala kendala yang dihadapi oleh Petani.

Sehingga lanjutnya, petani bisa bertani dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang memadai seperti yang dihasilkan pada panen perdana Ini,semoga program pendampingan ini dapat terus berlanjut dan berkesinambungan untuk mendukung swasembada pangan yang telah diprogramkan oleh pemerintah. []Rel
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini