-->

Babinsa Desa Siperkas Anjangsana Kerumah Warga Binaanya, Ini Alasannya

REDAKSI author photo
PPWINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Babinsa adalah ujung tombak satuan TNI Angkatan Darat di lapangan dalam memenangkan dan merebut hati rakyat, maka hal yang harus dilakukan yaitu dengan Komunikasi Sosial (Komsos) yang merupakan salah satu metode Binter.

"Komsos ini merupakan salah satu upaya, tindakan serta pekerjaan yang harus terus dilakukan oleh Babinsa bersama dengan semua elemen masyarakat diwilayah guna memperat tali silaturahmi antar TNI dengan rakyat, kata Babinsa Koramil 02/Rundeng Kodim 0118/Subulussalam, Sertu S.M.Sitindaon usai melakukan Anjangsana dirumah Marlan Kabeakan di Desa Siperkas Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam, Aceh. Jumat (30/3/2018).

Setiap Babinsa lanjutnya, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membina desa, apalagi dalam melaksanakan pembinaan terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan seperti Aspek geografi, demografi dan Aspek kondisi sosial. "Ketiga aspek ini tentunya yang harus dikuasai oleh Babinsa," sebutnya.

Dia menambahkan, bahwa dirinya selalu mendatangi setiap rumah warga binaan, apalagi hal ini merupakan langkah yang sangat efektif untuk lebih mengenal secara dekat. Sehingga tidak ada sekat antara Babinsa dengan warga binaannya.

"Anjangsana ini merupakan hal yang biasa bagi seorang Babinsa. Apalagi ini adalah bagian dari tugas seorang Babinsa dalam membina hubungan tali silaturahmi. Kalau dalam bahasa teritorialnya disebut dengan  Komsos," jelasnya.

Disamping itu, Komsos yang dilakukan oleh seorang Babinsa merupakan sebagai langkah untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini. Karena, melalui Komsos seorang Babinsa akan lebih mudah membangun komunikasi dan saling memberikan informasi mengenai kondisi yang berkembang disuatu wilayah dan juga wilayah lainnya. [Rel]
Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.

Berita Terkini