-->

Kopda Chandra Bantu Petani Siapkan Lahan Untuk Tanaman Padi di Desa Srikayu

REDAKSI

PPWINEWS.COM, ACEH SINGKIL - Kopda Chandra, Babinsa Koramil 08/Singkohor Kodim 0109/Singkil membantu petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Berkat Yakin didalam menyiapkan lahan untuk ditanami padi di Desa Srikayu Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil. Rabu (28/2).

Hal tersebut sudah menjadi rutinitas bagi Kopda Chandra setiap paginya selepas melaksanakan apel pagi, Ia langsung bergegas menuju lahan persawahan yang terletak di wilayah binaannya di Desa Srikayu, Kecamatan Singkohor dan berbaur dengan para petani yang tergabung dalam kelompok tani Berkat Yakin.

Menurut Kopda Chandra, Ia merasakan adanya rasa kebersamaan dan  gotong royong, sejak dimulai tanam perdana pada tanggal 3 Oktober 2017 lalu.

Sampai dengan saat ini dirinya bersama dengan Petani dan Penyuluh Pertanian telah menanam padi seluas 33,7 Hektare dari 78 hektar dari luas areal persawahan yang menjadi target tanam oleh kelompok Tani Berkat Yakin.

Lahan yang dijadikan areal persawahan tersebut sebelumnya merupakan areal rawa-rawa yang ditumbuhi pohon dan semak belukar, sekarang dengan adanya program cetak sawah yang dicanangkan oleh pemerintah lahan tersebut diolah menjadi lahan yang akan disiapkan untuk menjadi persawahan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Berkat Yakin, Asnawi menjelaskan saat ini para petani mengeluhkan tidak adanya sarana bendungan dan irigasi yang melengkapi areal persawahan tersebut. Sehingga mengakibatkan para petani kesulitan untuk mengatur pengairan lahan sawah mereka, akibatnya banyak diantara tanaman padi yang mereka tanam tidak maksimal perkembangannya.

Ditambahkannya dengan adanya bimbingan dari Babinsa dan Penyuluh Pertanian yang setiap hari mendampingi para petani sangat berguna untuk memotivasi serta penyemangat para petani untuk menggarap lahan mereka.

Sementara itu, Danramil 08/Singkohor Kodim 0109/Singkil Kapten Inf Gempa Armogan mengatakan kehadiran Babinsa mendampingi kelompok tani  merupakan wujud kemanunggalan antara TNI khususnya para Babinsa dengan para petani guna kesejahteraan petani itu sendiri di Desa binaannya bersama sama mewujudkan swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah. [**]

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini