-->

Babinsa Bantu Petani Atasi Kekeringan Lahan di Desa Suka Makmur

REDAKSI

PPWINEWS.COM,ACEH SINGKIL -- Peraturan Kepala Staf TNI AD nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk Atasannya, yaitu Danramil (Komandan Komando Rayon Militer).

Secara Pokok, tugas - tugas Babinsa dmeliputi pegumpulan data pada Aspek Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial Wilayah Binaan serta potensi Nasional diwilayah kerjanya.

Selain itu, seorang Babinsa juga harus mampu menjadi pendamping Swasembada Pangan. Hal tersebut sesuai dengan MOU antar Kementan RI dengan TNI AD, sebagaimana yang dituangkan di dalam Nota Kesepahaman dengan Nomor 3/MoU/PP.310/M/4/2012 yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari membangun Ketahanan Pangan dan Ketahanan Nasional.

Guna mewujudkan Implementasi nyata, atas dasar tersebut, Babinsa Koramil 03/Gunung Meriah, Kodim 0109/Singkil Serka Budiantoro yang juga selaku Babinsa Desa Suka Makmur, langsung mengambil langkah positif, salah satunya di dalam mengatasi kekeringan yang melanda lahan persawahan milik Kelompok tani yang ada diwilayahnya.

Babinsa yang akrab disapa 'Pak Budi' langsung turun tangan untuk mengkoordinasikan dan mendampingi Petani untuk minjaman alat Pompa Air (Alkon) ke Dinas Tanaman Pangan Hultikultura dan Pertenakan (DTPHP) Aceh Singkil. 

Ia bersama Perwakilan Petani langsung menghadap Kepada Kabid Sarana, Nirwana Angkat. Alhasil nya, apa yang menjadi keluhan petani disikapi dengan cepat, dan di hari itu juga mereka langsung mendapatkan pinjaman alat Pompa Air (Alkon) yang dinilai sangat dibutuhkan petani.

Tak sampai disitu, Babinsa Serka Budiantoro yang begitu dekat dengan warga binaannya langsung  mendampingi petani sejak  pemasangan Alkon, hingga mengaliri  air kelahan milik petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tunas Muda dibawah pimpinan Misrok.

Dikesempatan itu, para Petani menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja keras dan ketulusan Babinsa Serka Budiantoro dalam melaksanakan tugas nya termasuk dalam mendampingi petani untuk mencapai Swasembada Pangan. [] Rel.

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung ke PPWInews.com. Silahkan berkomentar dengan sopan. Terimakasih.


Berita Terkini